Breaking

Minggu, 17 November 2019

4 Mahasiswa Papua Dikirim ke Norwegia

Pemerintah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, segera mengirim empat mahasiswa ke Norwegia untuk melanjutkan kuliah di bidang perikanan dan kelautan.
.
"Tahun ini kami akan mengirim empat mahasiswa untuk melanjutkan studi di Norwegia," kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jayapura Aleks Rumbobiar di Sentani, Kabupaten Jayapura.


.
Demi mendorong skill Sumber Daya Manusia (SDM) dan memanfaatkan kekayaan alam Papua di bidang perikanan dan kelautan. Pemerintah Kabupaten Jayapura mengirim empat mahasiswa kuliah di Norwegia. Mereka  mendalami perikanan dan kelautan disana.
.
Norwegia dipilih sebagai tempat studi mendalami perikanan dan kelautan dengan pertimbangan, bahwa Norwegia memiliki sistem terintegrasi dalam pengelolaan sumber daya perikanan dan kelautan.
.
 Norwegia merupakan negara yang maju didalam industri perikanan. Kemampuan negara ini dalam mensejahterakan warga negaranya dengan memaksimalkan potensi perikanan dan kelautan yang dimiliki.
.
Padahal, negara tersebut hanya sebuah Negara kecil dan potensi perikanan dan kelautan kalah jauh dengan luasan wilayah laut Propinsi Papua.
.
Daerah-daerah di Kabupaten Jayapura yang mirip dengan daerah di Norwegia seperti Kampung Dormena, dan Depapre. Perwakilan dari Norwegia yang melakukan kajian juga berpendapat sektor perikanan dan kelautan di Kabupaten Jayapura sangat potensial.
.
"Setelah kajian itu, ada kerja sama pengiriman mahasiswa secara khusus untuk bidang perikanan dan kelautan," ungkap Aleks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar