Breaking

Rabu, 27 November 2019

Ayah Martha Itaar, Bangga Putrinya Jadi Pilot Perempuan Garuda Indonesia Asal Papua

Ayah Martha Itaar, Bangga Putrinya Jadi Pilot Perempuan Garuda Indonesia Asal Papua

Yakobus Itaar, ayah Martha Itaar, tidak bisa menyembunyikan rasa bangganya kepada sang buah hati, Martha Itaar yang diterima menjadi pilot perempuan Garuda Indonesia asal Papua. Menurut Yakobus, diterima sebagai Pilot Garuda menjadi sebuah pencapaian yang sangat sentimentil.
.
Sebab, hal ini tidak hanya membanggakan keluarga, namun juga membuktikan bahwa perempuan Papua memiliki kemampuan yang sama dengan yang lain. Diakuinya bila cita-cita menjadi pilot bagi seorang wanita tidak mudah diraih karena selama ini profesi tersebut identik dengan kaum adam.
.
Martha Itaar merupakan perempuan kelahiran Jayapura, 21 November 1996. Martha Kecil adalah pribadi yang sudah terbiasa mendiri sejak duduk di bangku sekolah. Anak keempat pasangan Yakobus Itaar dan Anita Baru ini memang bermimpi menjadi pilot sejak kecil.
.
"Pilot adalah cita-cita Martha sejak kecil karena dia melihat bahwa banyak penerbangan yang didominasi oleh laki-laki, sehingga dia ingin menunjukan bahwa perempuan bisa menerbangkan pesawat," katanya di Jayapura, Kamis (1/8/2019).
.
Martha juga menonjol di bidang akademis. Martha sendiri merupakan lulusan SMA Negeri 1 Kota Jayapura tahun 2014. "Nilai akademisnya memang menonjol, nilai eksakta itu selau di atas 9. Setelah lulus SMA Martha ikut tes program Biro SDM Provinsi Papua untuk pendidikan di luar negeri," tuturnya.
.
Saat mendaftar, dari Biro SDM Papua sudah memberikan pilihan berbagai perguruan tinggi di beberapa negara yang bisa dipilih oleh peserta tes. Saat itu Martha langsung memilih Nelson Aviation College, Selandia Baru.
.
Martha merupakan penerima beasiswa Otonomi Khusus (Otsus) dari Pemerintah Provinsi Papua dari sekitar 150 orang pelajar dan mahasiswa Papua yang menempuh pendidikan di Nelson Aviation College, Selandia Baru.
.
Dari empat orang yang lulus ke Selandia Baru, dua laki-laki dan dua perempuan, Martha lulus dari Nelson pada 2017 dan menjadi salah satu mahasiswa terbaik. Sejumlah izin terbang dikantonginya. Izin itu di antaranya DGCA License, Private Pilot License, Commercial Pilot License, Frozen Airline Transport Pilot License, dan Multi Engine Instrument Rating.
.
Diberitakan sebelumnya, Garuda Indonesia merekrut dua pilot perempuan untuk memberikan peluang bagi putra-putri daerah yang memiliki prestasi dan kapasitas. Martha Itaar adalah satu dari dua pilot perempuan asal Papua yang direkrut oleh Garuda Indonesia.
.
Saat bergabung dengan Garuda Indonesia, Martha sudah memiliki pengalaman terbang selama 2 tahun. Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Akshara mengatakan, lulusnya dua putri Papua ini layak diapresiasi karena rekrutmen pilot Garuda Indonesia Group memiliki standar requirement yang cukup tinggi.
.
Ia berharap, Martha dan Vanda bisa menjadi motivasi bagi generasi muda, khususnya Papua agar memiliki semangat dan optimisme yang sama dalam mengejar cita-cita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar