Breaking

Kamis, 21 November 2019

Fokus Pembangunan Papua, Tidak Hanya Trans Papua

Fokus Pembangunan Papua, Tidak Hanya Trans Papua

Jika kita berbicara infrastruktur Papua hal yang terekam dalam benak adalah Jalan Trans-Papua dari Sorong Papua Barat ke Merauke di Papua sepanjang 4.330.07 kilometer yang dibangun sejak era BJ Habibie dan disempurnakan Presiden Jokowi. Namun, bukan hanya itu infrastruktur yang dikebut di Papua dan Papua Barat.
.
Pemerintahan Jokowi dengan Program Nawacita-nya juga melakukan pembangunan infrastruktur lainnya. Infrastruktur tersebut meliputi antara lain:

- Bendungan untuk Ketahanan Pangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga membangun infrastruktur untuk mendukung ketahanan pangan di Papua Barat dengan membangun Bendungan Wariori, di Kabupaten Manokwari pada 2016.
.
Bendungan yang dilengkapi saluran irigasi primer sepanjang 1 kilometer tersebut mampu mengairi sawah seluas 1.400 hektar dari 3.450 hektar sawah potensial. Bendungan lainnya di Kabupaten Manokwari yang sudah selesai yakni Bendungan Oransbari yang mampu mengairi areal persawahan seluas 3.016 hektar. Keberadaan Bendungan tersebut mendukung program peningkatan produksi pangan dan juga untuk meningkatkan penyediaan air baku di wilayah tersebut.
.
Selain itu Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Papua Barat juga telah menyelesaikan revitalisasi sungai Klagison di Kota Sorong dengan total anggaran Rp 19,56 miliar dan pembangunan pengaman Pantai Tanjung Kasuari dan Supraw sebesar Rp 13,22 miliar.
.
- Perumahan
Di bidang perumahan, Kementerian PUPR juga telah membangun sejumlah rumah khusus yang diperuntukan bagi Polri di Kabupaten Sorong, TNI di Kota Sorong, nelayan di Teluk Mayalimbit Raja Ampat, rumah khusus di Distrik Batanta Selatan Raja Ampat, dan mendukung perumahan Green Sorong bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Sorong.
.
- Pos Lintas Batas Pacu Ekonomi Papua
Selain pembangunan konektivitas, kawasan perbatasan juga mendapatkan sentuhan pembangunan. Kementerian PUPR telah selesai mengerjakan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw yang kelak dilengkapi infrastruktur penunjang lainnya seperti pasar sehingga kawasan PLBN dapat berfungsi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru.
.
- Trans Papua Hampir Tembus
Menurut catatan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono tahun ini diharapkan 4.300 Kilometer jalan Trans Papua yang digagas Pak Harto tersambung seluruhnya. Saat ini sisa 334,79 km jalan yang belum tembus diharapakan bisa selesai hingga 2019.
.
- Fasilitas PON XX
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menganggarkan Rp 936,8 miliar untuk pembangunan empat arena olahraga (venue) mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua tahun 2020.
.
Empat arena olahraga sedang dibangun Kementerian PUPR di Kabupaten Jayapura, yakni arena aquatic dan Istora Papua Bangkit di kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan venue Cricket serta Lapangan Hockey (indoor dan outdoor) di kompleks olahraga Doyo Baru, Distrik Waibu.
.
Pemerintah terus mendorong percepatan penyelesaian pembangunan venue olahraga dalam mendukung PON XX di Papua yang berlangsung pada 20 Oktober – 2 November tahun 2020.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar