Breaking

Jumat, 29 November 2019

Jelang Natal di Papua Stok Sembako Aman Harga Stabil

Jelang Natal di Papua Stok Sembako Aman Harga Stabil

Menjelang perayaan Natal, Pemerintahan di beberapa Kabupaten di Papua memastikan bahwa stok kebutuhan pokok masih aman dengan harga-harga yang stabil. Pemerintah Kabupaten Jayawijaya memastikan jelang perayaan Natal, sejumlah harga kebutuhan pokok masih normal dengan ketersediaan yang cukup aman.
.
Kepala Bidang Perdagangan Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jayawijaya, Arisman Chaniago mengakui ada komoditi yang mengalami kenaikan harga, namun menurutnya masih dalam tahapan wajar.
.
“Ketahanan stok masih normal dan terkendali, demikian juga dengan tingkat harga. Telur ayam mengalami kenaikan, yang sebelumnya Rp85 ribu per rak, kini naik menjadi Rp90 ribu per rak, sedangkan beberapa bumbu dapur seperti bawang merah meski sempat naik Rp80 ribu per kilo, kini kembali normal pada harga Rp70 ribu perkilo,” jelasnya Rabu, 20 November 2019.
.
Sementara itu Dinas Perdagangan Kabupaten Nabire menjamin persediaan (stok) sembilan bahan pokok (Sembako) dan bahan penting lainnya aman tiga bulan ke depan. Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Nabire, Jerri Bindosano mengatakan pihaknya terus berupaya menjamin ketersediaan kebutuhan jelang hari hari raya umat Kristen dan tahun baru. “Baik beras, telur, minyak goreng, dan kebutuhan penting lain agar aman tercukupi,” terang Bindosano.
.
Ia mengaku, pihaknya terus memantau persediaan bukan hanya menjelang Natal, akan tetapi dilakukan secara berkala. Selain itu dinas juga telah memanggil para distributor dan pengecer guna memastikan Sembako beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu para pedagang diminta untuk menyampaikan stok baik yang ada maupun yang kurang.
.
Yubelius Usior (Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Biak) di Kabupaten Biak Numfor, Papua, juga menjamin stok bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi hari raya Natal 2019 dan Tahun baru 2020.
.
“Dari laporan bidang perdagangan dan hasil pengawasan di lapangan semua kebutuhan bahan pokok menyambut hari besar keagamaan sangat tersedia di distributor maupun pedagang pengecer.” Kadisperindag Yubelius mengatakan, meski Biak bukan sebagai daerah produksi tetapi ketersediaan beragam jenis bahan pokok masih terjaga dengan aman di pemasok dan distributor.
.
Di tempat terpisah, harga sembilan bahan pokok atau sembako di tingkat toko pengecer di Kota Jayapura, Papua, tidak mengalami kenaikan. Harga kulakan dari sejumlah distributor sembako juga tidak mengalami kenaikan.
.
Kepala Toko Mekar Sari di Entrop, Agung menyatakan hingga kini harga jual sembako tidak mengalami kenaikan. Agung juga menyebut, harga kulakan sembako di Jayapura tak mengalami lonjakan. “Tidak ada [kenaikan harga] dari distributor. Kami ikuti saja [pergerakan] harga [sembako] dari distributor, dan tentunya kami akan menyesuaikan,” katanya.
.
Pemilik Toko Ma’rifat di Koya Barat, Distrik MuaraTami, Heri membenarkan tak ada kenaikan harga sembako. “Kalau barang lokal seperti  telur, harganya tetap stabil. Yang lain aman terkendali,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar