Breaking

Rabu, 20 November 2019

Tokoh Masyarakat Mimika Respek Kebijakan Jokowi

Tokoh Masyarakat Mimika Respek Kebijakan Jokowi

Tokoh masyarakat Papua dari suku Amungme di Kabupaten Mimika, Yosep (Yopi) Kilangin, menaruh respek dengan kebijakan dan terobosan Jokowi dengan pembangunan infrastruktur di Papua ataupun Papua Barat.
.
"Hanya, pendekatan itu juga seyogianya dibarengi upaya menuntaskan kasus pelanggaran HAM di masa lalu maupun sekarang. Kami berharap Presiden melihat lagi UU Otsus Papua (UU Nomor 21 Tahun 2001) yang akan diubah menjadi Otsus Plus. Kekhususan Papua itulah yang harus diatur secara lebih baik," ungkap Yopi.
.
Ketua Lembaga Masyarakat Adat Port Numbay, George Awi, mengakui pembangunan jembatan, jalan, pelabuhan, dan bandara semakin membuka akses warga masyarakat terhadap dunia luar ataupun sebaliknya.
.
"Ke depan, saya pikir yang sangat diperlukan itu pengembangan dan peningkatan kemampuan SDM orang asli Papua. Seperti pengembangan UKM, tempat latihan, atau peningkatan keterampilan yang bisa membuat orang asli Papua langsung praktik kerja," kata Awi, Senin (28/10).
.
Mengakhiri kunjungan kerjanya di kawasan timur Indonesia, kemarin, di Palu, Sulawesi Tengah, Presiden meninjau pembangunan hunian tetap untuk korban gempa, tsunami, dan likuefaksi pada 28 September 2018 yang dibangun Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.
.
"Proses pembangunan hunian tetap segera diselesaikan. Ini ada 1.500 yang dibangun, sebelum April 2020 selesai pembangunannya. Tadi sudah saya sampaikan agar pembangunannya dipercepat. Pembangunan terkendala karena menunggu proses penyiapan lahan," tutur Presiden seusai meninjau salah satu hunian tetap di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore. (* MI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar