Breaking

Minggu, 15 Desember 2019

Hebat! PON Papua Gunakan Teknologi 4.0

PON Papua Gunakan Teknologi 4.0

Wakil Ketua Harian PB PON Papua Yusuf Yambe Yabdi mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, 2020 di tanah Papua.
.
“Sistem Informasi Manajemen (SIM) PON menggunakan teknologi seri 4.0, dan aplikasi ini yang paling terbaru dan akan digunakan di Papua pada saat PON. Sistem yang digunakan pada Sea Games kemarin saja masih kalah dari sistem aplikasi yang digunakan pada PON ini,” kata Yusuf kepada wartawan dalam acara Pers Gathering yang berlangsung di Swissbell Hotel, Jumat (13/12/2019).
.
Dikatakan, semua venue dan juga media center akan terkoneksi dengan aplikasi yang ada di PB PON Papua, dan semuanya bisa dikontrol semua pergerakan atlet, official, konsumsi, hingga transportasi.
.
“Ini akan mempermudah pekerjaan dari teman-teman yang ada di lapangan. Koordinasinya menggunakan aplikasi yang sudah dibuat dan dikoneksi dengan layanan internet,” ujarnya.
.
Pengelola Sistem Informasi Manajemen (SIM) PON, Ir. Iklas menambahkan, banyak pembelajaran yang diambil pihaknya dari beberapa PON lalu dan terakhir adalah Sea Games.
.
Untuk itu, aplikasi yang digunakan di PON Papua merupakan aplikasi yang disempurnakan dari aplikasi-aplikasi yang digunakan pada iven olahraga sebelumnya.
.
“Sistem ini juga akan mempermudah kerja dari para jurnalis. Setiap cabor sistem pelaporan datanya berbeda-beda, dan jurnalis akan mendapatkan data tersebut sedetail mungkin. Ini yang akan didapatkan di setiap media center yang tersebar di empat klaster penyelenggara PON,” katanya.
.
Selain itu menurut Iklas, hasil pertandingan pada sebuah cabor di tingkat bawah akan langsung diketahui oleh bidang pertandingan di PB PON.
.
“Pada PON terdahulu, data ini hanya ada di setiap cabor. Misalnya kemenangan salah satu atlet, akan tercatat di cabor yang dipertandingkan. Dan belum bisa diketahui oleh bidang pertandingan karena belum adanya konektifitas antara cabor dengan bidang pertandingan. Kalau di PON ini, pertandingan baru selesai, hasilnya sudah diketahui di tingkat PB PON,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar