Breaking

Selasa, 31 Desember 2019

LIPI temukan dua spesies baru anggrek dari Papua dan Sulawesi

LIPI temukan dua spesies baru anggrek dari Papua dan Sulawesi

Peneliti Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil menemukan dua spesies baru anggrek, Dendrobium nagataksaka dan Eulophia lagaligo, demikian laporan dari situs jejaring LIPI yang dikutip di Jakarta, Senin.
.
Dendrobium nagataksaka merupakan anggrek epifit yang tumbuh menempel di permukaan batang pepohonan. “Spesies baru ini berasal dari kawasan hutan dataran rendah di Provinsi Papua Barat,” jelas Destario Metusala, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
.
Dia menjelaskan genus Dendrobium adalah salah satu kelompok anggrek yang memiliki bentuk bunga yang unik dan menjadi komoditas bunga hias yang sangat digemari.
.
“Spesies baru ini memiliki keunikan bentuk kuntum bunga dengan petal tegak seperti tanduk dan bibir bunga yang menjulur panjang menyerupai bentuk kepala seekor naga,” jelasnya.
.
Ciri tersebut menjadikan spesies baru ini dinamaka nagataksaka yang berasal dari nama Taksaka, makhluk mitologi berwujud naga dalam epos Mahabharata.
.
Sementara itu, Eulophia lagaligo sebenarnya pernah ditemukan sebelumnya oleh taksonom C.L. Blume pada tahun 1859 berdasarkan spesimen dari Pulau Timor dengan nama Eulophia bicolor.
.
Namun belakangan nama spesies tersebut tidak diterima karena  telah digunakan sebelumnya oleh taksonom N. A Danzell pada 1851 untuk spesies yang berbeda.
.
“Dalam kajian taksonomi, sebuah nama spesies hanya boleh digunakan satu kali untuk sebuah taksa. Selain itu, selama ini Blume menganggap anggrek Eulophia bicolor merupakan spesies yang sama dengan Eulophia nuda karena kemiripannya,” terang Destario.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar