Breaking

Rabu, 18 Desember 2019

Mahfud MD: Mari Bangun Papua dengan Hati Tulus

Mari Bangun Papua dengan Hati Tulus

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengajak seluruh pihak untuk membangun dua provinsi itu dengan hati tulus dan dikerjakan secara holistik. Karena Pemerintah telah berkomitmen dan fokus pada pembangunan Papua dan Papua Barat.

Pasalnya langkah itu merupakan wujud dari sila kelima Pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia., dan menurutnya, membangun Papua dan Papua Barat adalah janji negara untuk mewujudkan rencana yang telah disusun dalam pembangunan Papua.

Diketahui bahwa hingga saat ini, Pemerintah Indonesia telah memberikan perlakukan khusus atau afirmasi kepada dua provinsi itu. Politik afirmasi kepada Papua misalnya UU tentang Otsus Papua dengan dana besar sebagai bentuk afirmasi.

"Kemudian ketentuan bahwa Gubernur Papua harus orang Papua atau orang yang dianggap orang Papua berdasarkan adat setempat," katanya, Selasa (17/12/2019).

Pemerintah telah berkomitmen untuk melakukan percepatan pembangunan khususnya di empat prioritas bidang utama sejak diberlakukannya UU nomor 21 tahun 2001 tentang otonomi khusus bagi Provinsi Papua.

Keempatnya meliputi bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi rakyat, dan pembangunan infrastruktur. Selain itu pemerintah juga telah mengeluarkan beberapa regulasi dan kebijakan khusus terkait Papua dan Papua Barat salah satunya adalah Inpres Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Percepatan Pembangunan dan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Juga kata Mahfud, melalui inpres nomor 9 tahun 2017 Presiden disebut telah menginstruksikan kepada 27 kementerian maupun lembaga untuk melakukan percepatan pembangunan kesejahteraan di wilayah itu. Adapun bidang strategis dalam rencana tersebut adalah pelayanan dasar, pengembangan ekonomi lokal dan infrastruktur dasar.

"Masyarakat Papua membutuhkan logistik dan pembangunan seperti warga yang tinggal di luar Papua terutama di Jawa. Oleh karenanya dalam kesempatan yang baik ini saya mengajak untuk membangun Papua dengan hati yang tulus dan dikerjakan secara holistik," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar