Breaking

Senin, 02 Desember 2019

Mahfud Pastikan Keamanan dan Kelanjutan Pembangunan Papua

Mahfud Pastikan Keamanan dan Kelanjutan Pembangunan Papua 

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melakukan kunjungan kerja ke Papua untuk bertemu sekaligus berdialog dengan tokoh masyarakat, agama, serta tetua adat Papua, di Jayapura, Sabtu (30/11/2019).
.
Mahfud ke Papua pada Jumat, 29 November 2019 malam, dimana kunjungan ini tercatat jadi yang pertama dilakukannya sejak menerima mandat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menko Polhukam. Hadir dan berdialog dengan Menko Polhukam, sekitar 80 tokoh setempat dari seluruh Kabupaten/Kota serta wilayah adat Papua.
.
Melalui akun Twitter pribadinya, @mohmahfudmd, dirinya sempat membagikan momen ketika baru tiba di Papua dalam kunjungan kerjanya sejak 14 jam.
.
Mahfud menulis, "Bersama Wamen PUPR dan Wagub Provinsi Papua di pagi buta bersarapan ikan bakar di restoran Nusantara di dekat bandara Sentani, Jayapura. Selain alamnya yang indah Papua adl ujung timur Indonesia yg lezat dan nikmat," seperti dilihat RRI, Sabtu (30/11/2019).
.
Selain hendak menyelesaikan atau mencari solusi permasalahan Papua selama ini, Mahfud juga membawa misi Pemerintah pusat dalam melanjutkan pembangunan Provinsi Papua yang sudah sejak 2014 lalu menjadi fokus utama Presiden Jokowi sampai sekarang.
.
Para tokoh tersebut mengusulkan, untuk pembangunan Papua ke depan, hendaknya melibatkan warga dan pengusaha Papua dalam serta meminta pemerintah pusat tetap konsisten menerapkan otonomi khusus.
.
Menanggapi itu, Mahfud menegaskan bahwa sejak awal pemerintah tidak memberikan perlakukan yang berbeda terhadap provinsi tertentu, begitu pula Papua. Bahkan kalau mau jujur, di era Pemerintahan Presiden Jokowi ini, porsi perhatian pemerintah pusat sangat berlebih untuk Papua.
.
Pemerintah, kata Mahfud, selalu berusaha menempatkan Papua yang terdepan dalam pembangunan baik dana maupun program lainnya, semisal untuk pengembangan pendidikan. Meski begitu, diakuinya, masih banyak persoalan pembangunan dalam hal infrastruktur di Papua, sehingga inilah yang menjadi titik sentral perhatian pemerintah selama ini.
.
"Pemerintah ingin memajukan Papua agar bisa sama dengan daerah-daerah lain yang lebih dulu maju, misalnya dengan UU otonomi khusus yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Saya datang untuk berdialog dengan para tokoh untuk mendengarkan apa usulnya, apa masukannya, agar hari esok semua lebih baik dan lebih leluasa dalam bekerja. Mari menatap ke depan untuk maju bersama, dengan cita-cita dan tujuan yang sama," kata Mahfud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar