Breaking

Sabtu, 14 Desember 2019

Program Bangga Papua Untuk Perbaiki Kondisi Papua

Bangga Papua Untuk Papua

Pemerintah Provinsi Papua meluncurkan sebuah program yang diberi nama BANGGA Papua. BANGGA adalah akronim dari Bangun Generasi dan Keluarga Papua Sejahtera. Secara garis besar, program ini adalah sebuah program pemberian bantuan sosial kepada Orang Asli Papua (OAP) yang memiliki anak usia 0-4 tahun.

Setiap anak akan diberikan bantuan sebesar Rp.200.000,- per bulan. Bantuan tersebut diharapkan bisa akan digunakan oleh orang tua penerima manfaat untuk menjaga atau memperbaiki gizi anak dan meningkatkan akses anak kepada layanan kesehatan.

Menurut Lukas Enembe, mereka ini adalah generasi emas Papua. Mereka adalah generasi masa depan Papua yang akan meneruskan generasi yang sekarang. Karenanya dianggap penting untuk menjaga atau meningkatkan gizi mereka.

Selain mereka yang berusia 0-4 tahun, nantinya BANGGA Papua juga akan menyasar sasaran lain penerima manfaat BANGGA Papua adalah mereka yang lanjut usia atau berusia di atas 60 tahun. Mereka Para lansia ini dianggap sudah kesulitan untuk mengakses pekerjaan dan bantuan sosial.

Meski sasaran utamanya adalah anak usia 0-4 tahun, namun BANGGA Papua sejatinya diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan warga Papua dan mengentaskan kemiskinan dan melenyapkan gizi buruk di Papua.

Membawa Papua keluar dari stigma gizi buruk memang tidak mudah, tapi dengan kerjasama dan kesadaran banyak pihak, tentu hal tersebut bukan tidak mungkin.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar