Breaking

Minggu, 22 Desember 2019

Warga Ilaga Papua: Pak Jokowi Menjawab Kerinduan Kami Akan Listrik

Warga Ilaga Papua: Pak Jokowi Menjawab Kerinduan Kami Akan Listrik

Masyarakat Kabupaten Puncak, Papua, mendapatkan kado Natal yang sangat indah. Yakni Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Ilaga yang akhirnya mulai beroperasi mengalirkan listrik ke rumah-rumah warga Ilaga dan distrik lain di wilayah Kabupaten Puncak.
.
Peresmian PLTMH dilakukan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif, bersama Bupati Puncak, Willem Wandik, pada Jumat (20/12/2019).
.
"Sungguh ini merupakan kado yang luar biasa bagi kami warga Kabupaten Puncak, Papua. Kami berharap aliran listrik melalui PLTMH Ilaga ini membawa berkat dan kesejahteraan bagi warga," kata Bupati Puncak, Willem Wandik.
.
"PLTMH Ilaga adalah jawaban terhadap kerinduan dan kebutuhan kami akan listrik. PLTMH ini juga merupakan upaya kami untuk sesegera mungkin lepas dari keterisolasian yang mengukung selama ini," sambungnya.
.
Willem Wandik juga menyebut bahwa pembangunan PLTMH Ilaga sejalan dengan Program Indonesia Terang pada 2019 seperti yang ditargetkan Presiden Joko Widodo. "PLTMH Ilaga bisa menjadi bukti kehadiran negara terhadap warganya. Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Puncak mengucapkan hormat kepada Bapak Presiden Jokowi.” Kata Willem.
.
PLTMH Ilaga beroperasi dengan memanfaatkan aliran Sungai Jila. PLTMH ini didukung dua turbin dengan kapasitas pembangkit masing-masing 350 kilowatt (kWh).
.
Adapun ide pembangunan PLTMH Ilaga diinisiasi pada 2013 seiring program Terang Kampungku, yang menjadi program prioritas Willem Wandik sebagai Bupati Puncak, dan sejalan dengan program pemanfaatan energi terbarukan untuk penyediaan tenaga listrik yang digagas pemerintah pusat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar