Breaking

Sabtu, 21 Desember 2019

Warga Puncak Papua Kini Dialiri Listrik

Warga Puncak Papua Kini Dialiri Listrik

Bupati Puncak, Willem Wandik, mengatakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Ilaga telah rampung dikerjakan, ia berharap aliran listrik melalui PLTMH Ilaga ini membawa berkat dan kesejahteraan bagi warga.

Masyarakat Kabupaten Puncak, Papua, mendapatkan kado Natal yang sangat indah. Karena Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Ilaga akhirnya mulai beroperasi dan mengalirkan listrik ke rumah-rumah warga Ilaga dan distrik lain di wilayah Kabupaten Puncak yang diresmikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif, bersama Bupati Puncak, Willem Wandik, pada Jumat (20/12).

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyebut dukungan pemerintah pusat terhadap pembangunan PLTMH Ilaga merupakan bukti hadirnya negara dalam memenuhi kebutuhan warganya. Pemerintah selalu memperhatikan upaya memajukan semua daerah agar berkembang dan seimbang dengan daerah lain.

“Itulah sebabnya pemerintah melalui Bapak Presiden banyak menitikberatkan pembangunan pada wilayah-wilayah yang sulit terjangkau untuk juga bisa menikmati pembangunan,” tutur Arifin lewat keterangan tertulisnya.

PLTMH Ilaga diharapkan memberi manfaat luas selain menghasilkan listrik untuk sarana penerangan dan rumah tangga, tetapi juga untuk meningkatkan layanan kesehatan dan pendidikan.

“Kami ingin menyampaikan salam dari Bapak Presiden Joko Widodo. Beliau menyampaikan salam hangat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Puncak, sekaligus menyampaikan ucapan selamat merayakan Hari Natal dan Tahun Baru,” ucap Arifin.

 Willem Wandik juga menyebut bahwa pembangunan PLTMH Ilaga sejalan dengan Program Indonesia Terang pada 2019 seperti yang ditargetkan Presiden Joko Widodo. PLTMH Ilaga bisa menjadi bukti kehadiran negara terhadap warganya. Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Puncak, Ia mengucapkan hormat kepada Bapak Presiden Jokowi dan Menteri ESDM, Bapak Arifin Tasrif, yang bersedia hadir meresmikan pengoperasian PLTMH Ilaga ini.

PLTMH Ilaga beroperasi dengan memanfaatkan aliran Sungai Jila. PLTMH ini didukung dua turbin dengan kapasitas pembangkit masing-masing 350 kilowatt (kWh). Adapun ide pembangunan PLTMH Ilaga diinisiasi pada 2013 seiring program Terang Kampungku, yang menjadi program prioritas Willem Wandik sebagai Bupati Puncak, dan sejalan dengan program pemanfaatan energi terbarukan untuk penyediaan tenaga listrik yang digagas pemerintah pusat.

Willem menyebut bahwa kehadiran listrik melalui PLTMH akan merangsang pertumbuhan industri di Kabupaten Puncak. Hal ini pula yang membuatnya optimistis bahwa daerah yang dipimpinnya akan menjadi ikon pertumbuhan ekonomi, terlebih mengingat usia Kabupaten Puncak yang baru 10 tahun.

PLTMH Ilaga disebutnya juga sudah memberikan manfaat signifikan. Anggaran untuk memenuhi kebutuhan listrik sebelum ada PLTMH mencapai Rp 15 miliar per tahun dan setelah ada PLTMH lebih dari separuh anggaran tersebut dapat dialihkan untuk program pendidikan, kesehatan, dan program lain yang dapat menyejahterakan rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar