Breaking

Sabtu, 18 Januari 2020

Mama-mama Papua Ikut Sukseskan PON 2020

Mama-mama Papua Ikut Sukseskan PON 2020

Melalui anyaman dan mampu membuat tas Noken tradisional Papua oleh Mama mama Papua saat ini secara tidak langsung telah membantu dan berperan dalam mengangkat seni dan budaya yang mengandung nilai nilai  kearifan lokal budaya Papua.
.
Tas anyaman dari kulit kayu dan rajutan yang disebut Noken yang telah diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO sehingga perlu dilestarikan dan dikembangkan. Noken adalah tas tradisional Papua yang terbuat dari kulit kayu atau serat pohon yang dibentuk dengan sistem anyam atau rajut.
.
Pengrajin Noken kini telah tumbuh dan menjamur di Mimika, diharapkan kedepan mampu menjadi sumber penghasilan ekonomi bagi Mama mama Papua untuk menopang hidup ekonomi keluarga dan sebagai souvenir khas Papua perlu diproteksi agar memiliki hak paten seni budaya yang merupakan warisan leluhur.
.
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Papua, Anike Rawar, mengatakan pihaknya sudah menyuarakan 29 kota dan kabupaten untuk mempersiapkan noken. Peran warga sangat dibutuhkan karena noken dibuat tanpa bantuan mesin.
 .
“PON ini, kami perlu noken yang banyak kepada perempuan Papua, yang merajut noken dengan tangan tanpa memakai alat canggih dapat merajut noken sebanyak mungkin dengan tulisan PON XX Papua,” kata Anike, Rabu (15/1/2020).
.
“Siapkan sebanyak mungkin, nanti kami akan beli. Karena nanti, di dalam noken tersebut berisikan kopi, coklat dan sagu. Ini adalah hasil olahan mama-mama kita Papua," tambahnya.
 .
Anike juga berharap, perempuan-perempuan Papua dapat mengelola hasil buminya dengan baik agar dapat dimanfaatkan untuk mendukung penyelenggaraan PON 2020. “Yang masih bisa berkebun, hasil kebunnya nanti akan dibeli oleh pihak event organizer yang menangani makanan,” pungkasnya.
.
Hal ini sesuai dengan harapan Tokoh Perempuan dan Tokoh Gereja, Betty K Nawipa. Betty berharap, bahwa Noken yang dihasilkan oleh Mama mama Papua dapat dijadikan sebagai salah satu souvenir atau cindera mata bagi siapa saja yang datang ke Timika.
.
“Noken dari hasil anyaman Mama mama Papua yang mengandung nilai nilai budaya lokal yang mencerminkan budaya asal Mimika dan Papua pada umumnya bisa melekat dalam noken tersebut mampu menciptakan peluang ekonomi bagi Mama mama yang setiap saat bisa merajuk noken disela-sela mengisi tugas sebagai ibu rumah tangga,”jelas Betty.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar