Breaking

Selasa, 14 Januari 2020

Mengenal Tokoh Separatis Papua Egianus Kogoya

Mengenal Tokoh Separatis Papua Egianus Kogoya

Konflik bersenjata di Kabupaten Nduga, Papua, hingga kini terus terjadi. Setiap konflik yang terjadi di Nduga selalu muncul nama Egianus Kogoya. Siapa sebenarnya Egianus Kogoya yang dianggap sebagai tokoh di balik konflik Nduga?

Pejabat TNI-Polri menyebut Egianus Kogoya sebagai pemimpin Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Nduga. Egianus dianggap sebagai tokoh yang paling bertanggung jawab atas aksi serangan yang dilancarkan kelompok kriminal bersenjata.

Egianus Kogoya merupakan pemimpin OPM yang sebelumnya berafiliasi dengan OPM pimpinan Goliath Tabuni di Kabupaten Puncak Jaya. Selama terjadi kontak senjata antara TNI dan OPM, sulit bagi pasukan TNI untuk memastikan keberadaan Egianus. Anggota KKB selalu bersembunyi dalam hutan, keberadaan Egianus Kogoya juga sulit dipastikan karena mereka selalu berpindah tempat setiap melakukan aksi.

Dapat dipastikan bahwa setiap aksi penembakan di Nduga dilakukan oleh kelompok separatis pimpinan Egianus Kogoya, kelompok Egianus mengedepankan paham politik yang berlawanan dengan pemerintah, dan kelompok Egianus ini menolak mengakui pemerintah RI. Hingga kini, identitas Egianus Kogoya belum dapat dipastikan.

Dari informasi yang di dapat, Egianus berusia sekitar 17-18 tahun, ayah Egianus bernama Silas Kogoya yang juga merupakan salah satu tokoh OPM. Namun, kini ayahnya sudah meninggal. Egianus merupakan sosok terpelajar, berbeda dengan masyarakat lain yang tinggal di pegunungan.

Sosok Egianus Kogoya dianggap sebagai tokoh paling berpengaruh dalam Organisasi Papua Merdeka, TNI-Polri menetapkan Egianus Kogoya sebagai teroris, setelah melihat catatan kriminal yang dilakukannya, Egianus Kogoya kini menjadi seorang yang paling dicari oleh pihak keamanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar