Breaking

Senin, 27 Januari 2020

Menko PMK: Pembangunan Kawasan Timur Dipercepat

Pembangunan Kawasan Timur Dipercepat

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kesejahteraan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, kawasan paling timur Indonesia harus menjadi sejajar dengan wilayah Indonesia Barat dan Tengah. Pola pikir Jawasentris pun akan hilang dari aspek sosial, politik dan ekonomi.
.
“Pembangunan manusia dan infrastruktur di Papua harus sama dengan daerah lain. Mindset Jawasentrisme perlu kita hapuskan agar tidak terjadi kesenjangan. Namun yang paling utama adalah efek multiplikasi harus dirasakan masyarakat Papua dengan adanya PON dan pembangunan infrastruktur ini,” kata Muhadjir.
.
Saat kunjungannya ke beberapa venue, Muhadjir pun optimis bahwa Papua bisa sukses sebagai penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2020 mendatang.
.
“Mudah-mudahan stadion dan venue yang sudah dirancang dengan standar internasional ini nanti tidak hanya dimanfaatkan untuk PON, tetapi juga dapat digunakan untuk event pasca PON agar tempat ini menjadi pusat kegiatan Hockey dan Cricket baik skala nasional maupun internasional,” ujarnya.
.
Muhadjir Effendy juga mengapresiasi penyelesaian pembangunan Stadion Papua Bangkit yang akan menjadi salah satu lokasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Menurut Muhadjir, stadion ini merupakan wujud nyata pembangunan dari kawasan timur Indonesia.
.
"Stadion berstandar internasional ini mudah-mudahan bisa mendukung realisasi dari mimpi besar mengubah Jakartasentris dan Jawasentris menjadi Indonesiasentris," ujarnya saat meninjau langsung kesiapan Stadion Papua Bangkit di Jayapura, Papua.
.
Muhadjir mengatakan, pembangunan stadion diharapkan mampu membuka peluang perekonomian dan peradaban wilayah timur Indonesia. Ia pun mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua bersama kementerian dan pihak terkait yang telah sukses membangun Stadion Papua Bangkit dalam kurun waktu tiga tahun.
.
"Kita tahu problem Indonesia adalah ketimpangan spasial antara wilayah timur dan wilayah barat. Dengan dibangunnya fasilitas olahraga yang luar biasa ini bukan hanya jadi kebanggaan tetapi juga mempercepat pembangunan untuk mengejar ketertinggalan di wilayah timur," tutur Muhadjir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar