Breaking

Sabtu, 22 Februari 2020

Disdik Papua dorong minat baca masyarakat di perpustakaan

Disdik Papua dorong minat baca masyarakat di perpustakaan

Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah Papua berupaya mendorong minat baca masyarakat di perpustakaan di daerah itu, terutama di Kota Jayapura.
.
Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah Papua Christian Sohilait ketika dikonfirmasi dari Makassar, Kamis, mengatakan kini minat masyarakat untuk membaca di perpustakaan semakin menurun.
.
"Menurunnya angka minat membaca dari masyarakat, pelajar dan mahasiswa di Perpustakaan Daerah Papua di Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura belakangan ini memprihatikan," ujarnya.
.
Untuk mendorong agar minat baca di perpustakaan meningkat, pihaknya akan melakukan sejumlah terobosan, dengan sasaran terutama kaum milenial, baik pelajar maupun mahasiswa dan masyarakat umum.
.
Terobosan yang akan dilakukan itu, antara lain perbaikan dan pembenahan seluruh perpustakaan di Papua, termasuk Jayapura, baik milik pemerintah maupun lembaga swasta lainnya.
.
"Kedua, kami akan mendatangkan literatur atau buku yang dianggap perlu dan belum pernah ada di Perpustakaan Daerah Papua," katanya. Selain itu, katanya, melakukan pendataan semua buku yang ada dan mendatangkan buku yang belum ada.
.
Dengan demikian, kata mantan Sekda Lanny Jaya itu, akan membawa masyarakat untuk terus datang dan menggunakan perpustakaan secara kontinyu dalam waktu 24 jam. Pihaknya akan mengubah sistem kerja di area perpustakaan daerah, penjaganya tetap ASN tetapi menggunakan kostum layaknya seorang pramugari di pesawat terbang.
.
"Apabila hal ini terjadi maka akan membawa perubahan bagi dunia pendidikan di Papua, karena dengan membaca orang dapat melihat sebuah perubahan dari tidak ada menjadi ada," ujarnya. Ia mengatakan pentingnya budaya membaca di masyarakat agar mencapai kehidupan yang lebih maju.
.
"Dengan membaca maka secara tidak langsung menambah ilmu pengetahuan bagi kita, dan bagi kaum milenial sebagai generasi penerus di Papua. Manfaat membaca ini sangat positif dan baik untuk masa yang akan datang terutama demi kemajuan Papua," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar