Breaking

Senin, 10 Februari 2020

Lepas Ketergantungan dari Freeport, Pemerintah Kebut Proyek Bintuni

Pemerintah Kebut Proyek Bintuni

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pembangunan Kawasan Industri di Teluk Bintuni tengah dikebut agar Papua bisa melepaskan ketergantungan akan Freeport. Proyek tersebut diyakini akan mendorong pertumbuhan ekonomi Papua.
.
“Nanti kita lihat ke depannya kan ada beberapa projek seperti Bintuni dan yang lain. Itu untuk menyeimbangkan pendapatan sehingga tidak sepenuhnya tergantung pada Freeport,” ungkapnya.
.
Airlangga mengakui ketergantungan ekonomi Papua terhadap komoditas sangat tinggi. Kebetulan, dari sisi komoditas, bisnis tambang PT Freeport Indonesia merupakan yang terbesar dan memberikan dampak signifikan terhadap ekonomi Papua.
.
Selain mengurangi dominasi sektor pertambangan, yang perlu juga dibenahi untuk mendorong pertumbuhan ekononi Papua lepas dari ketergantungan pertambangan ialah faktor sosial, politik, dan keamanan. Setidaknya faktor keamanan di Papua menjadi pertimbangan pelaku usaha untuk menanamkan modal.
 .
“Sedikit banyak itu pengaruh. Paling tidak itu membuat investor mikir dua kali untuk berinvestasi. Apakah investasi yang dilakukan akan aman atau bisa balik modal atau tidak,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar