Breaking

Jumat, 14 Februari 2020

PON bermanfaat sebagai akses pemasaran kerajinan Papua

PON bermanfaat sebagai akses pemasaran kerajinan Papua

Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua akan berlangsung pada Oktober mendatang. Salah satu lokasi yang akan menjadi tuan rumah pada pesta olahraga tersebut adalah Kabupaten Mimika. Persiapan terus dikebut dalam segala aspek, termasuk bidang pemasaran.
.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemkab Mimika, Ida Wahyuni mengatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai suvenir untuk dipasarkan. Mulai dari noken (tas tradisional masyarakat Papua) yang dipadu dengan bordiran PON. Lalu, ada kaos, gelas, tumbler, syal, pin, topi, hingga payung.
.
“Dalam momen PON ini, kita memasarkan suvenir, ada dua konsep noken dari dua suku yang berasal dari Kabupaten Mimika. Kita ingin tonjolkan kearifan lokal yang ada disini. Kemudian suvenir lainnya ada kaos, gelas, tumbler, syal, pin, topi, payung. Semuanya berkaitan dengan PON,” kata.
.
Ida yang juga menjabat sebagai Koordinator Bidang Pemasaran PB PON 2020 Sub Mimika ini menjelaskan, noken dipilih menjadi suvenir karena tas tersebut merupakan khas dari Papua. Noken dibuat dari jenis rumputan dan kulit kayu. Butuh waktu sekitar dua minggu hingga satu bulan dalam proses pengerjaannya.
.
“Noken memiliki filosopi yang sangat berarti ya. Ini merupakan kerajinan tradisional, dibuat secara kelompok. Terbuat dari jenis rumputan dan kulit kayu. Proses pembuatan sekitar dua minggu sampai satu bulan,” ujar Ida.
.
Dia berharap, dengan adanya suvenir ini bisa berdampak baik untuk perekonomian di Mimika. Untuk noken, disebut Ida, akan dipasarkan dengan harga bervariasi. Mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 3 jutaan. Sedangkan suvenir aksesoris, juga bervarisi. Dipasarkan Rp 35 ribu hingga Rp 500 ribu.
.
“Akhir Februari nanti mulai dipasarkan. Penjualan nantinya ada di supermarket, ruko, dalam pameran, disetiap venue, hingga di bandara. Untuk secara online, sedang disiapkan. Kita menyediakan sekitar dua ribu suvenir. Target, semoga nanti habis terjual,” harap Ida.
.
Pada pertemuan ini, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta melihat langsung suvenir tersebut. Isnanta juga berkesempatan untuk mencoba noken. Dia terlihat sangat antusias.
.
“Ini sangat baik, bagian dari mengenalkan budaya. Kita optimis, PON di Papua berlangsung sukses, lancar, dan aman. Kita mendukung itu, buat kesan positif kepada tamu yang hadir nanti. Promosikan tentang budaya disini, hingga potret wisata. Sukses menjadi tuan rumah, juga sukses prestasi,” kata Deputi Isnanta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar