Breaking

Kamis, 12 Maret 2020

Bantuan Mulai Berdatangan Untuk Warga Pengungsi Tembagapura

Bantuan Mulai Berdatangan Untuk Warga Pengungsi Tembagapura 

Dinas Sosial Kabupaten Mimika, Provinsi Papua mulai menerima bantuan berupa sembilan bahan pokok (Sembako), pakaian bekas layak pakai dan sejumlah bantuan lainnya untuk warga dari perkampungan di Distrik Tembagapura yang dievakuasi sementara ke Kota Timika.
.
Bantuan ini sendiri diberikan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Mimika sesuai dengan instruksi Bupati Mimika Eltinus Omaleng. Meski begitu, hingga Selasa (9/3) terdata baru 25 OPD yang menyerahkan bantuan.
.
Selain OPD, adapun Organisasi masyarakat yang juga ikut memberikan bantuan seperti Organisasi Amungme Kamoro (AMKO) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Bantuan yang diberikan seperti bahan makanan beragam, mulai dari beras, mie instan, susu, kopi, gula dan lainnya.
.
Ada sejumlah OPD yang membawa bantuan dengan jumlah yang cukup banyak, ada juga yang membawa dengan jumlah yang sangat sedikit. Seperti Dinas Pendidikan membawa bantuan bahan makanan hingga pakaian layak pakai dengan menggunakan truk.
.
Kepala Bidang Kesejahteraan Rakyat, Dinas Sosial Kabupaten Mimika, Johannis Pattiasina yang juga koordinator bantuan ini mengatakan, semua bantuan yang diserahkan akan dikumpulkan hingga tanggal 11 Maret sesuai dengan surat Bupati Eltinus.
.
Setelah itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan OPD dan juga pimpinan daerah, untuk kemudian dibagikan kepada warga yang tengah dievakuasi sementara itu.
.
Untuk pembagian sendiri, Johannis menyebutkan, akan diberikan kepada tokoh masyarakat, tokoh agama dan kepala kampung yang akan mengkoordinir untuk penyerahan.
.
"Pembagian itu nanti ada tokoh masyarakat, tokoh agama dengan kepala kampung yang koordinir, karena mereka lebih tau warga dengan titik-titik lokasi warga," katanya.
.
Lanjutnya, pihaknya akan memanggil para tokoh dan juga kepala kampung setelah semua bantuan terkumpul. Ia belum dapat memastikan waktu penyerahan bantuan itu.
.
"Pembagian ini setelah terkumpul semua kita akan panggil mereka, biar pembagian ini merata," katanya.
.
Terpantau, masih ada warga yang berdatangan ke lokasi evakuasi sementara meskipun mereka telah memiliki tempat tinggal baik di rumah pribadi maupun keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar