Breaking

Selasa, 10 Maret 2020

Langkah Pemda Papua Antisipasi Penyebaran Wabah Covid-19

 Langkah Pemda Papua Antisipasi Penyebaran Wabah Covid-19

Jajaran lintas satuan organisasi di lingkungan pemerintah melalui Dinas Kesehatan Papua melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona (COVID-19).
.
"Kami dari Dinas Kesehatan Papua sudah bekerja sama dengan seluruh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di wilayah ini telah meningkatkan pemeriksaan suhu badan penumpang yang tiba di bandara," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  drAaron Rumainum, Senin (9/3).
.
KKP Biak sudah melakukan pemeriksaan terhadap penumpang dan wisatawan yang datang dari berbagai daerah di Bandar Udara Biak. Bahkan, pemeriksaan suhu badan juga telah dilakukan petugas kesehatan terhadap penumpang angkutan kapal di pelabuhan.
.
Tidak saja penumpang dari dalam negeri, KKP Biak, menangani 14 mahasiswa Papua dari China via di Bandara Soekarno Jakarta dan terbang ke Biak."Kini 14 mahasiswa itu dalam kondisi sehat walafiat. Kami dari Dinkes juga juga melibatkan lintas sektor untuk penanganan virus Corona. Di tingkat provinsi, mengundang seluruh rumah sakit dan KKP di Papua," ujarnya.
.
KKP Jayapura juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap turis-turis yang datang melalui Pelabuhan Jayapura dan Bandar Udara Sentani. Aaron mengatakan, KKP Supiori juga sudah bekerja sama dengan RSUD Supiori, Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor untuk pencegahan virus Corona.
.
Ia menambahkan, Dinkes Papua juga sudah bekerja sama dengan KKP, Dinkes Kota Jayapura, Puskesmas Jayapura Utara, dan Imigrasi Jayapura untuk memeriksa dua warga China yang ditahan di Imigrasi Jayapura."Dua warga China ini bekerja di PLTU Holtekamdan sudah lakukan pemeriksaan," ujarnya.
.
Sementara itu, Sekretaris Dinkes Papua dokter Silwanus Sumule mengatakan langkah-langkah teknis untuk penanganan wabah ini sudah dilakukan. Ia menyebut, Kementerian Kesehatan menetapkan tiga rumah sakit umum daerah (RSUD) di Provinsi Papua untuk menjadi rujukan penanganan terhadap COVID-19.
.
Tiga rumah sakit ini ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan untuk penanganan wabah penyakit ini."Peralatan di tiga rumah sakit ini telah kita siapkan, ruang ICU, ruang isolasi, dan dukungan obat-obatan," kata Silwanus.
.
Dinas Kesehatan di Provinsi Papua juga menyiapkan masker yang siap dibagikan jika dibutuhkan oleh warga. Meskipun tiga rumah sakit di Papua sudah ditetapkan, upaya pencegahan dinilai lebih efektif seperti mencuci tangan, makanan yang dimasak matang, berolahraga dan makan makanan yang bergizi.
.
"Kalau batuk-batuk, kesulitan bernafas, demam tinggi dan orang lalu kontak dengan orang yang sama, kami menyarankan untuk segera mencari layanan kesehatan sebagai upaya pencegahan," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar