Breaking

Minggu, 01 Maret 2020

Program Bus Sekolah Untuk Anak Sekolah Dasar Waibhu

Program Bus Sekolah Untuk Anak Sekolah Dasar Waibhu

Pemerintah Kabupaten Jayapura segera menyiapkan bus sekolah untuk melayani antar-jemput pelajar di sejumlah kampung di Distrik Waibhu. Kebijakan tersebut dilatarbelakangi kesulitan para pelajar dalam mendapatkan tumpangan kendaraan umum saat hendak pergi maupun selepas pulang sekolah.

.“Jarak sekolah dengan kampung (rumah siswa) cukup jauh. Kepala dinas (pendidikan) akan berkoordinasi untuk menyiapkan kendaraan antar-jemput buat pelajar di Waibhu,” kata Bupati Mathius Awoitauw, Jumat (28/2/2020).
.
Kesulitan tersebut dikeluhkan langsung para siswa kepada Bupati Awoitauw, saat dia mengunjungi sejumlah sekolah di Distrik Waibhu. Salah satunya ialah Sekolah Dasar (SD) YPK Kanda.
.
“Untuk sampai ke sekolah, mereka hanya dengan (mengandalkan) leften (menumpang kendaraan yang melintas di jalan). Siswa SD seharusnya masih dalam pengawasan (diantar-jemput) orang tua” ujar Bupati Awoitauw.
.
Awoitauw mengatakan leften merupakan kisah masa lalu. Kondisi tersebut seharusnya tidak lagi dialami para pelajar saat ini. “Cukup kami saja yang bersusah payah pergi ke sekolah dengan leften.”
.
Para orang tua sebenarnya selalu dilanda kecemasan setiap hari. Mereka khawatir anak-anak mereka mengalami kejadian buruk saat dalam perjalanan pergi maupun pulang sekolah.
.
“Saya khawatir karena kondisi jalan lurus dengan kendaraan yang (sering) melaju kencang. Sudah banyak yang menjadi korban (kecelakaan lalu lintas) di (sepanjang) Jalan Kanda, Yakonde hingga Borowai,” kata Agustina Marweri, warga Yakonde.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar