Breaking

Jumat, 20 Maret 2020

Sebagai Upaya Antisipasi Pandemi Corona, Pangdam Cendrawasih Dirikan Posko Pemantauan Covid-19 di Papua

Sebagai Upaya Antisipasi Pandemi Corona, Pangdam Cendrawasih Dirikan Posko Pemantauan Covid-19 di Papua

Pangdam XVII/Cenderawasih memerintahkan jajarannya, khususnya Kakesdam XVII/Cenderawasih, mendirikan posko pemantauan serta penanganan virus Corona baru atau Covid-19. Adapun posko tersebut didirikan di RS Marthen Endey, Jayapura.

"Kodam XVII/Cenderawasih telah siap membantu Pemerintah Provinsi Papua dalam menghadapi pandemi global. WHO telah menyatakan pandemi global itu wabah yang telah menyebar di seluruh dunia," jelas Karumkit TK II Marthen Endey Kolonel Ckm Budi S dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/3/2020).

Dia menegaskan, posko tersebut merupakan salah satu upaya pihaknya untuk mengantisipasi Covid-19 di wilayah Jayapura dan Papua pada umumnya. Meskipun belum merawat pasien, namun posko tetap disiagakan sesuai standar yang ditetapkan.

"Rumah Sakit TK II Marthen Endey telah menyediakan 30 tempat tidur untuk dijadikan tempat perawatan sebagai langkah antisipasi bila peningkatan jumlah pasien Covid-19. Di depan IGD juga telah disediakan tim yang menerima dan ruang isolasi diperuntukkan bagi pasien terinveksi Covid-19," jelas Budi.

Dia berharap Prajurit TNI dan seluruh masyarakat Papua tidak panik atau takut akan Covid-19. Dirinya meminta seluruh pihak untuk menerapkan pola hidup yang bersih dan disiplin, seperti makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup, berolahraga teratur, sehingga memiliki daya tahan tubuh yang baik guna menangkal infeksi virus tersebut.

"Bagi mereka yang mempunyai risiko tinggi, usia di atas 50 tahun dan mempunyai riwayat penyakit diabetes, hipertensi dan penyakit lainnya diharapkan memeriksakan diri dan keluarganya secara rutin. Apabila ada keluhan kesehatan segera ke rumah sakit untuk diperiksa lebih lanjut," pungkas Budi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar