Breaking

Sabtu, 11 April 2020

Aparat Tembak Mati 2 Anggota KKB

Aparat Tembak Mati 2 Anggota KKB

Dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ditembak mati dalam penyergapan di lokasi persembunyian di Kampung Jayanti, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika pada Kamis (9/4). Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata menyebutkan terjadi kontak tembak dalam penegakan hukum terhadap KKB itu.

“Kedua KKB yang tewas diduga ikut dalam penembakan di Kantor Freeport Indonesia yang terletak di Kuala Kencana Timika beberapa waktu lalu. Dalam penyerangan ini menyebabkan 3 orang terkena tembakan, salah satu korban warga negara Selandia Baru meninggal dunia,” katanya. 

Kapolres menerangkan, saat dilakukan penyergapan sejumlah anggota KKB melarikan diri dengan membawa 4 pucuk senjata. “Seorang berinisial IS kami amankan di lokasi kejadian,” katanya.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw berterima kasih dengan kerja keras satuan tugas yang sedang melaksanakan penegakan hukum dalam operasi khusus di Timika. 

“Intinya, siapa yang melakukan, siapa yang turut membantu dan siapa yang turut serta dalam tindakan KKB akan dilakukan penegakan hukum,” ujarnya, Kamis (9/4).
 
Kapolda memastikan upaya penegakan hukum dilakukan untuk membuktikan adanya pihak-pihak yang menuding adanya rekayasa TNI Polri dalam kekerasan yang terjadi di Kuala Kencana pada 30 Maret 2020. 

“Kami akan buktikan ini bukan rekayasa dan pelakunya akan kami kejar. Kami akan cari aktornya, siapa pengendalinya. Pastinya sebelum melakukan penembakan (perang) ada yang kasih makan untuk bakar batu sebagai komitmen sebuah perjanjian,” jelasnya. 

Sebelumnya, kepolisian setempat menangkap 6 orang yang diduga sebagai penyuplai bahan makanan bagi KKB di Timika. Hingga kini ke-6 orang tersebut masih dalam pemeriksaan di Polres Mimika. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar