Breaking

Minggu, 19 April 2020

Pemprov Papua Siapkan Konsep Ketahanan Pangan Jangka Panjang

Pemprov Papua Siapkan Konsep Ketahanan Pangan Jangka Panjang

Dampak dari pandemi Corona virus disease (Covid-19) telah membuat ketersedian makanan berkurang. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Papua Barat sedang menyiapkan konsep ketahanan pangan yang bersumber dari  komoditi lokal unggulan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan ditengah mewabahnya virus Corona.

Dalam mempersiapkan itu, Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan menggelar rapat terbatas dengan pimpinan organisasi perangkat daerah pada lingkungan pemprov Papua Barat di ruang Kaimana, Swissbel-hotel Manokwari, Jumat (17/4).

Dalam keterangan persnya kepada wartawan gubernur mengatakan, relokasi anggaran yang telah digeser dari APBD Papua Barat tahun 2020.  “Selain digunakan membantu gugus tugas Covid -19, juga dialokasikan untuk ketahanan pangan,” kata Gubernur.

Terkait dengan ketahanan pangan jangka panjang, gubernur menegaskan ada dana desa, selain dari pusat juga dianggarkan provinsi papua barat senilai Rp.225.000.000 setiap kampung, sedangkan tingkat kelurahan Rp.150.000.000, sementara tingkat distrik Rp 100.000.000.

“Dana ini sudah jelas sasarannya untuk kampung masing-masing, tinggal memberikan petunjuk pelaksananya untuk mendukung tingkatkan ketahanan pangan local ,” kata Gubernur.

Gubernur mengatakan, dengan dana desa itu,  masyarakat bisa beli bibit sayur atau buah-buahan dan bahan pangan lainnya lalu ditanam sebagai antisipasi, bila wabah Covid- 19 ini berkepanjangan.

“Jika masyarakat berkebun tanam komoditi lokal yaitu, kasbi, keladi, pisang, petatas serta sayur-sayuran tiga bulan kedepan bisa mengcover pangan kita dengan tidak bergantung dari produk impor” katanya.

Untuk menindaklanjuti itu, Gubernur Papua Barat akan menggelar rapat koordinasi dengan para Bupati se-Manokwari Raya di Manokwari, Senin (20/4) dan bupati / wali kota se-Sorong Raya, Rabu (22/4) di Kota Sorong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar