Breaking

Sabtu, 04 April 2020

Pemusatan Latihan Daerah Atlet PON Telah Dimulai di Kepulauan Riau

Pemusatan Latihan Daerah Atlet PON Telah Dimulai di Kepulauan Riau

Amri selaku Wakil Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepri menyampaikan, di Provinsi Kepri ada 14 cabang olahraga yang lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua mendatang.

14 cabor ini merupakan hasil dari penyelenggaraan Pra PON 2019, dan Pekan Olahraga Wilayah Sumatera ke-X 2019, di Bengkulu, tahun lalu. 14 cabor itu antara lain layar, tinju, sepaktakraw, biliar, catur, renang, aeromodelling, tarung derajat, wushu, muaythai, selam, menembak, pencaksilat, dan futsal.

”Nah, para atlet dari 14 cabor ini sudah menjalani pelatda atau pelatihan provinsi (Pelatprov), sejak awal Maret lalu. Tapi, karena kondisi darurat wabah korona, para atlet belum menjalani TC atau pemusatan latihan yang diinapkan. Mereka latihan, di masingmasing Pengprov dulu,” jelas Amri, Rabu (1/4) kemarin.

Dalam menjalani masa pelatihan di masing-masing Pengprov ini, Amri mengatakan, KONI Kepri tetap melakukan pemantauan, dan selalu berkoordinasi dengan masing-masing Pengprov cabor. Secara teknis, atlet latihan dalam kondisi terbatas. Artinya, tidak berinteraksi dengan masyarakat luar. Kemudian, tempat latihan cenderung di ruangan tertentu.

”PON diagendakan mulai tanggal 20 Oktober hingga 2 November 2020, di Papua. Kita berharap agenda ini tidak ditunda. Dengan harapan, pandemi korona di Indonesia secepatnya hilang,” harap Amri.

Sebelumnya, Usep Rahmat Ketua Umum KONI Kepri menyampaikan, selain 14 cabor yang lolos PON 2020, Provinsi Kepri juga berharap agar empat cabor lainnya diselenggarakan di luar Papua. Adapun empat cabor lainnya itu adalah dansa sport, golf, woodball dan ski air. Saat ini, pengurus pusat masing-masing empat cabor itu, mengupayakan untuk tetap dipertandingkan di luar Papua.

”Kalau empat ini jadi, kita dari Kepri sudah punya modal. 18 cabor tersebut diandalkan untuk dapat menyumbangkan medali untuk Kepri, dan saya optimis akan hal itu,” kata Usep.

Untuk menghadapi PON 2020 di Papua, Usep menyebutkan, KONI Kepri sudah mempersiapkan langkah-langkah. Mulai dari penetapan Ketua Satgas PON 2020 Kepri (Maifrizon) sampai dengan agenda pemusatan latihan berjalan di masing-masing cabor, sampai dengan TC penuh.

”Kita ada sebanyak 113 orang atlet dan pelatih yang bakal turun di PON 2020 Papua nanti,” sebut Usep Rahmat, belum lama ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar