Breaking

Sabtu, 02 Mei 2020

Bank Indonesia Luncurkan @BelanjainUMKM Papua, Agen Markeing Berbasis Instagram

Bank Indonesia Luncurkan @BelanjainUMKM Papua, Agen Markeing Berbasis Instagram 

Untuk membantu UMKM Papua tetap bertahan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua bersama Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kota Jayapura, Bulog Wilayah Papua dan Papua Barat menginisiasi Gerakan Belanjain UMKM.

Menginat, kondisi di masa Covid-19 ini menyebabkan konsumsi masyarakat menurun karena harus tetap di rumah sehingga dapat mengancam keberlangsungan usaha UMKM yang ada di Papua.

Kepala BI Perwakilan Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga mengungkapkan, gerakan ini merupakan aksi sosial untuk membantu UMKM Papua berjualan secara online agar cashflownya tetap terjaga di masa Covid-19 ini dan menjaga masyarakat tetap di rumah karena dapat berbelanja secara online.

“Pembatasan aktivitas masyarakat selama Covid-19, belum optimalnya penggunaan teknologi digital oleh UMKM di Papua serta keterbatasan platform pemasaran produk UMKM di Papua dengan metode pengantaran secara instan mendorong perlunya upaya untuk membuat mekanisme/platform agar UMKM dapat berjualan secara online,” ucap Naek, Kamis (30/4/2020).

Naek menyebutkan, melalui gerakan ini, akan didata UMKM yang belum terhubung dengan pemasaran online dan akan dibuatkan toko online pada akun instagram @belanjainumkmpapua yang dikelola oleh komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia Papua yaitu Generasi Baru Indonesia (GenBI) sebagai middle man atau agen digital marketing bagi UMKM.

Ia melanjutkan, masa Covid-19 ini menjadi momentum bagi UMKM untuk merubah pola bisnisnya menjadi pola bisnis yang baru dan memanfaatkan teknologi digital. Diharapkan dengan pelaksanaan gerakan ini, dapat menjadi alternatif kanal pemasaran bagi UMKM yang terdampak Covid-19.

“Di saat seperti ini diharapkan masyarakat dapat lebih memilih pembelian melalui online agar dapat mendukung upaya Pemerintah menjaga physical distancing untuk memutus rantai persebaran Covid-19,” imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar