Breaking

Kamis, 07 Mei 2020

Pemprov Papua Membeli Hasi Tani Dari Mama Mama Papua

Pemprov Papua Membeli Hasi Tani Dari Mama Mama Papua

Pemerintah Provinsi Papua membeli hasil pertanian dari pedagang mama-mama setempat untuk dibagikan kepada masyarakat terdampak pandemi covid-19. Hasil tani itu dikumpulkan untuk kemudian disalurkan kembali sebagai bantuan sosial.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Papua, Semuel Siriwa, mengungkapkan, hasil pertanian sebanyak lima ton terdiri dari singkong, ubi jalar, talas, kacang panjang, pisang, salak, mangga, sagu, labu, dan sayuran.

Pangan lokal tersebut dibeli dari pedagang di kawasan Distrik Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, dan Heram, serta beberapa lokasi berdagang mama-mama Papua di sekitar Kota Jayapura.

“Masa pandemi covid-19 dagangan mama-mama Papua kurang laku karena kurangnya aktivitas orang di luar rumah, bahkan terkadang sampai rusak. Gubernur menginstruksikan agar kami bisa membeli semua komoditas pangan lokal untuk dibagikan kepada masyarakat kurang mampu, terlebih yang terkena dampak ekonominya sejak ada wabah korona,” kata Siriwa, Rabu, 6 Mei 2020.

Menurut Siriwa, sekitar 600 warga telah menerima bantuan yang datang dari berbagai wilayah di Kota Jayapura. Ia meyakini dengan membeli ribuan kilogram komoditas pagan lokal, ketersediaan kebutuhan sehari-hari masyarakat akan tercukupi.

“Kami katakan bahwa pangan lokal tersedia karena kegiatan ini dilakukan tanpa direncanakan sebelumnya, artinya secara spontan dan bisa terkumpul hingga 5.000 Kilogram,” jelasnya.

Salah seorang pedagang mama-mama Papua, Nelina Wenda, mewakili pedagang lainnya menyampaikan, terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua, telah membeli dagangan mereka.

"Saya sangat terbantu dengan dibelinya seluruh dagangan senilai Rp7 juta. Sebab sejak ada wabah covid-19, dagangan hanya terjual 50 persen, bahkan sering rusak menyebabkan kerugian," kata Nelina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar