Breaking

Rabu, 17 Juni 2020

Dorong Bupati Pegunungan Tengah Sosialisasikan New Normal

Dorong Bupati Pegunungan Tengah Sosialisasikan New Normal

Ketua Asosiasi Bupati Se-Pegunungan Tengah Provinsi Papua Befa Yigibalom mengajak sejumlah bupati yang tergabung dalam asosiasi bupati mensosialisasikan hidup normal baru kepada masyarakat di daerah setempat..

Penerapan normal baru pasca mewabahnya virus corona akan dilakukan dalam waktu dekat, kata Befa Yigibalom saat di Wamena, Senin (15/06).

“Dalam satu minggu ini kami minta kepada tim gugus tugas dan pemerintah daerah masing-masing sosialisasikan ke masyarakat bahwa pintu penerbangan akan dibuka jadi di sini harus save,” katanya.

Bupati Lanny Jaya ini memastikan pintu masuk ke wilayah pegunungan tengah Papua di Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang sebelumnya ditutup untuk mencegah masuknya wabah corona melalui penumpang, akan dibuka kembali seperti biasa dengan sejumlah syarat protokol kesehatan.

Satu langkah pencegahan masuknya corona yang menjadi kesepakatan bersama adalah masing-masing kabupaten membangun posko tim gugus tugas di Jayawijaya untuk memeriksa warga yang datang melalui Bandara Wamena.

“Ketika warganya dijemput tim gugus tugas di Bandara Wamena, dia langsung dikawal oleh tim gugus tugas dari kabupaten asalnya, karena masyarakat banyak maka pemda wajib mengirim tenaga medis untuk mambantu yang ada di Wamena, jadi urus warganya masing-masing,” katanya.

Selain membuka penerbangan penumpang kata dia, asosiasi bupati menyepakati pembukaan kembali akses jalan darat antarkabupaten bagi kendaraan misalnya antara Jayawijaya – Lanny Jaya -Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo, Nduga, Puncak Jaya.

“Meskipun jalan kita buka tapi kami menugaskan pemda masing-masing untuk menjaga wilayah perbatasannya dengan membangun posko kesehatan untuk melakukan rapid test kepada siapa saja yang masuk ke daerah tersebut,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar