Breaking

Jumat, 05 Juni 2020

Pendidikan Berbasis Daring Telah Menjadi Kebutuhan di Jayapura

Pendidikan Berbasis Daring Telah Menjadi Kebutuhan di Jayapura

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw berharap layanan pendidikan berbasis daring tidak lagi dianggap sebagai kebutuhan sesaat tetapi sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi.

Mathius di Sentani mengatakan, layanan pendidikan di Kabupaten Jayapura harus disesuaikan dan mengarah kepada pelayanan yang berbasis IT.

"Situasi pandemi COVID-19 ini mengubah seluruh tatanan kehidupan. Termasuk layanan pendidikan, di mana kini tidak harus bertatap muka tetapi melalui internet, bisa menjawab kebutuhan selama pandemi," katanya.

Dia berharap belajar melalui jaringan internet ini menjadi kebutuhan yang harus dopenuhi, bukan karena adanya wabah tetapi ke depan harus menerapkan pendidikan berbasis daring.

Bupati meminta para guru menyesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini agar layanan pendidikan kepada siswa di Kabupaten Jayapura tetap berjalan maksimal meskipun tidak harus bertatapan muka di dalam kelas.

Meski demikian, Bupati mengaku tidak semua daerah di Kabupaten Jayapura saat ini sudah terlayani dengan jaringan internet. Untuk mengatasi persoalan ini, pihaknya memiliki opsi lain agar masyarakat di daerah pinggiran ataupun pedalaman tetap terlayani selama pandemi COVID-19 yakni dengan memaksimalkan radio.

"Kita maksimalkan radio, program tv kabel juga untuk daerah kota. Pemerintah ingin para siswa ini tidak terlalu terkena dampak," ujarnya.

Dia menambahkan untuk program layanan internet di daerah pinggiran sampai pedalaman memang belum semuanya terlayani. Meski begitu Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura sudah memasng jaringan internet wizard di beberapa sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar