Breaking

Kamis, 06 Agustus 2020

Otsus Merupakan Satu Solusi Untuk Kesejahteraan Papua



John Siffy Mirin (Anggota DPR RI Asal Papua) mengatakan Otonomi Khusus (Otsus) merupakan satu solusi untuk kesejahteraan Papua. Dengan begitu, masalah lokal dengan segala potensi dan kreativitas yang dimiliki daerah bisa terselesaikan dan dapat disalurkan secara tepat.

John menilai, pada dasarnya landasan filosofis Otsus sudah sangat baik, hanya perlu dievaluasi agar tercapainya kesejahteraan rakyat.

“Dasar niatnya sudah baik, hanya saja pelaksanaannya harus banyak dievaluasi,” kata John.

Ia juga berharap ke depan Otsus mampu meminimalisir kesenjangan ekonomi dan pembangunan di Papua, bukan hanya menguntungkan segelintir pihak.

“Dengan Otsus kita mampu meminimalisis kesenjangan ekonomi dan pembangunan di Papua, itu bukan hanya menguntungkan beberapa pihak saja harus merata sampai ke masyarakat kecil” imbuhnya.

Sementara itu, Frans Maniagasi (Tokoh Senior Papua) pun berpendapat senada. Menurutnya, pandangan Otsus harus diubah sehingga dapat terlaksana dengan baik.

”Dua provinsi di Papua dananya mencapa Rpi 62 triliun, seharusnya bisa sejahtera. Seluruh jabatan Papua Hampir 95% diduduki oleh putra daerah sendiri tetapi Papua belum maju juga sampai sekarang. Ada apa, ayolah kita jujur,” ungkap Frans Maniagasi.

Selain itu, Mamat Alkatiri (Komikus asal Papua) mengusulkan semua stakeholder yang bertanggungjawab dalam upaya mensejahterakan Papua untuk saling terbuka serta berani membuka diri untuk berdialog satu sama lain.

”Dialog adalah kunci, atas nama keadilan, negara harus berani ajak warga Papua bicara, khususnya terkait rekonstruksi Otsus agar kesejahteraan masyarakat Papua segera terwujud’,” ujar Mamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar