Breaking

Senin, 31 Agustus 2020

Pemerintah Gencar Membangun Papua




Papua adalah wilayah yang paling timur di Indonesia. Walau berada di ujung, tapi pemerintah juga gencar membangun Papua. Di antaranya dengan membangun jembatan panjang Hamadi-Holtekam dan jalan trans Papua. Pembangunan di sana dilakukan secara bertahap dan rencananya akan semakin digencarkan sampai tahun 2024.

Indonesia terdiri dari 34 provinsi dan Papua adalah provinsi yang terbesar. Namun sayang sejak Indonesia merdeka, ada kesenjangan antara kehidupan ekonomi di Papua dengan pulau lain seperti Jawa dan Sumatera. Untuk mengatasi itu, maka pemerintah gencar membangun Papua dari segi infrastruktur. Proyek-proyek ini diharap bisa memajukan Papua.

Ada banyak proyek yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Di antaranya proyek jalan trans papua yang menghubungkan antara Papua dengan Papua Barat, dan panjangnya 4.330,07 kilometer. Juga ada jembatan indah berwarna merah bernama Hamadi-Holketam yang menghubungkan antara ibu kota Papua, Jayapura dengan Skouw, sekaligus jadi tujuan wisata.

Proyek lain yang dilakukan di Papua adalah pembangunan Bandara Sentani, yang letaknya sekitar 40 kilometer dari Jayapura. Nantinya, bandar udara ini akan jadi yang terbesar di Papua dan berstatus bandara internasional. Ada pula pembangunan infrastruktur kelistrikan di Papua dan Papua Barat dengan membuat pembangkit listrik tenaga air dan saluran udara tegangan tinggi.

Papua selalu jadi perhatian dari Presiden Joko Widodo. Bahkan beliau berkunjung ke sana hingga lebih dari 13 kali. Hal ini dilontarkan oleh Mentri Perindustrian Airlangga Hartanto. Presiden ingin agar semua wilayah merata pembangunan infrastrukturnya. Jadi Papua adalah wilayah yang jadi perhatian, karena di sana masih banyak wilayah yang belum terjamah modernitas.

Pembangunan infrastuktur yang diprakarsai oleh presiden Joko Widodo diharap bisa memajukan perekonomian di Papua. Jika ada jembatan baru, maka lalu lintas akan lebih lancar dan pengantaran bawang antar kota lebih cepat. Sehingga hemat waktu dan biaya. Begitu pula dengan adanya bandara internasional Sentani. Wilayah sekitarnya akan makin maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar