Breaking

Minggu, 23 Agustus 2020

Semangat Nasionalisme Anak-anak Papua di Tengah Pandemi



Bulan ini adalah bulan Agustus bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-75. Masyarakat Indonesia biasanya beratusias menyambut hari kemerdekaan mulai dari awal bulan dengan menghias desa, rumah dan tempat-tempat umum lainnya dengan ornamen merah putih.

Sayangnya perayaan hari kemerdekaan Indonesia berbeda dengan tahun sebelumnya karena adanya pandemi saat ini. Tetapi beragam cara dilakukan masyarakat Indonesia dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan, salah satunya yaitu mengadakan perlombaan. Meskipun perlombaan yang diadakan mengalami keterbatasan dan harus mematuhi protokol kesehatan.

Seperti yang dilakukan kelompok PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) gelombang 6 UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) melakukan perlombaan-perlombaan dengan anak-anak Kampung Wambes, pada 17 Agustus 2020.

Perlombaan yang dilakukan yaitu lomba menyanyikan lagu daerah atau lagu kebangsaan Indonesia. Ada juga perlombaan tanya jawab tentang kebangsaan dan sejarah Indonesia dan lomba-lomba lainnya. Lomba-lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme anak-anak sejak dini.

Perlombaan berjalan dengan lancar. Anak-anak Kampung Wambes sangat antusias dalam mengikuti semua perlombaan yang diadakan.

"Kami ingin menanamkan cinta tanah air sejak usia dini, menumbuhkan jiwa nasionalisme dan bela Negara kepada mereka. Hal ini sangat penting dilakukan agar mereka anak-anak penerus bangsa memiliki kecintaan kepada tanah airnya dan dapat membuat Indonesia lebih maju", ujar Di anti selaku Koordinator kelompok 73 PMM UMM gelombang 6 Kampung Wambes (17/08/20).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar