Breaking

Kamis, 27 Agustus 2020

Yorrys Raweyai: Negara hadir dan memberi perhatian lebih ke Papua




Ketua For Papua MPR dan Anggota DPD asal Papua, Yorrys Raweyai, mengatakan, dana Otsus yang didapat Papua merupakan hasil perjuangan politik. Karenanya, dana tersebut harus benar-benar tepat sasaran dan memberi manfaat ke masyarakat asli Papua.

Ia pun mendorong agar semua pihak, generasi emas Papua, untuk menyamakan persepsi agar bisa memberi kontribusi terbaik bagi tanah Papua dan juga ke negara.

Otsus diraih dari situasi politik extraordinary guna memberikan win-win solution bahwa negara hadir dan memberi perhatian lebih ke Papua. Yaitu melalui instrumen aturan khusus dan dukungan anggaran dengan fokus pada peningkatan kualitas hidup, kesehatan, pendidikan, perekonomian berbasis lokal, hingga infrastruktur.

Melalui dana Otsus, dana pendidikan di Papua pun menjadi hampir dua kali lipat dari ketentuan yakni mencapai 37 persen. Begitu pula anggaran kesehatan untuk meningkatkan angka harapan hidup.

“Dana Otsus dibutuhkan dan perlu. Tinggal diimplementasikan melalui affirmative action agar bisa dirasakan dan makin maksimal. Otsus itu bukan pemberian, tapi perjuangan panjang dan diselesaikan melalui politik afirmatif,” ujar Yorrys.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar