Breaking

Kamis, 03 September 2020

Kabupaten Jayapura siapkan suplai ikan untuk PON XX




Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura menggelontorkan sebanyak 9.000 bibit ikan budi daya kepada sejumlah kelompok masyarakat di Kampung Sereh, Distrik Sentani.

Bantuan tersebut merupakan bagian dari Gerakan Piara Ikan di Kabupaten Jayapura, yang dicanangkan pada Juni.

Bantuan serupa diberikan juga kepada kelompok masyarakat di 12 distrik lain, dan akan berlanjut hingga ke kawasan Danau Sentani. Selain meningkatkan ekonomi masyarakat, (ikan hasil budi daya tersebut) untuk menyuplai kebutuhan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Bibit ikan tersebut terdiri atas nila, mujair, dan lele. Ditargetkan ada sekitar 100 kolam yang disiapkan untuk mengembangkan budi daya ikan di sejumlah perkampungan di Kabupaten Jayapura.

Kampung Sereh sangat cocok dijadikan kampung wisata berbasis perikanan karena berada di kaki Gunung Cycloops sehingga sumber airnya melimpah. Potensi alam ini harus dikelola sebaik mungkin dengan selalu menjaga lingkungan sekitar agar tetap asri dan rindang.

Kepala Kampung Sereh Steven Eluay mengatakan mereka juga telah menyiapkan belasan kolam untuk beternak ikan dari bibit bantuan DKP Kabupaten Jayapura tersebut. Kolam dibangun secara swadaya dengan melibatkan pemuda setempat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar