Breaking

Kamis, 03 September 2020

Otsus Tetap Dilanjutkan Dengan Syarat Evaluasi




Kebijakan dalam otsus selama ini sudah cukup baik, namun perlu dilakukan evaluasi. Para kepala daerah di Saireri dan Tanah Tabi, Papua, mendukung otsus jilid 2 dengan persyaratan ini. menurut Ketua Forum Kepala daerah Tabi dan Saireri Mathius Awoitauw, pelaksanaan otonomi khusus harus dievauasi dan dilanjutkan. Tentu agar ada perkembangan dalam penerpan otsus.

Mathius melanjutkan, harus ada kesepakatan dan ketentuan bersama dari semua elemen masyarakat. Otsus juga diharap jadi bagian dari pelayanan khusus terhadap orang asli Papua.

Para pemimpin daerah tersebut berkumpul untuk mencari solusi. Agar program otsus jilid 2 bisa dijalankan sesuai dengan ekspektasi masyarakat. Jadi otsus yang lalu dikoreksi terlebih dahulu.

Evaluasi diperlukan agar dana otsus benar-benar diserap oleh masyarakat. Jangan sampai ada uang yang masuk tapi tidak ada perubahan terhadap kesejahteraan rakyat Papua. Atau bahkan uang itu dikorupsi oleh oknum, sehingga program otsus jadi gagal dilaksanakan di daerahnya.

Pemerintah pusat diharap bisa menerima aspirasi masyarakat asli Papua. DPRD Papua siap menyalurkan hasil rapat dari kepala daerah tersebut, sehingga Presiden memahami apa yang sebenarnya dibutuhkan demi kemajuan di sana. Jadi tidak ada kesalahpahaman antara pemerintah pusat dan daerah.

Pada otonomi khusus diharap tidak hanya pembangunan fisik seperti jembatan, gedung, dan pelabuhan yang digenjot. Namun diharap ada peningkatan kualitas sumber daya manusia di Papua. Jadi rakyat Papua bisa mengolah hasil alamnya sendiri dan memajukan daerahnya, karena mereka memiliki skill, kecerdasan, dan ilmu sebagai modal dasar.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang utama adalah melalui pendidikan. Jadi jika ada gedung sekolah yang dibangun, harus ada pula guru yang kompeten. Jangan sampai sebuah SD hanya diajar oleh guru yang pendidikannya hanya SMA, minimal harus diploma 2 dan kalau bisa S1. Anak Papua diberi beasiswa lagi agar mereka bisa kuliah dan mengabdi di daerahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar