Breaking

Selasa, 29 September 2020

Sensus menyasar ke distrik padat penduduk



Badan Pusat Statistik memastikan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 tetap berjalan hingga tuntas di Kabupaten Jayapura. Sejumlah kendala dianggap dapat diatasi dengaan melibatkan polisi dan pemerintah lokal setempat.

Sensus Penduduk berlangsung selama sebulan, sejak 1 September. Memasuki pekan ketiga sensus, BPS telah mendata sebagian besar penduduk di Wilayah Pembangunan III dan IV di Kabupaten Jayapura.

“Pendataan saat ini terkonsentrasi pada wilayah padat penduduk, seperti di Distrik Sentani, Sentani Barat, Sentani Timur, dan Waibu. Pendataan dilanjutkan meskipun sempat ditolak (warga),” kata Jeffry.

Dia kembali menegaskan sensus penduduk sangat penting karena menentukan arah kebijakan pembangunan di daerah. Karena itu, warga diminta segera melapor kepada kepala kampung atau lurah setempat apabila belum didatangi petugas sensus.

Nefinov, petugas sensus mengaku mereka kerap melepas atribut, termasuk rompi saat bertugas. Tindakan itu mengantipasi penolakan dari warga.

Nefinov menilai sosialisasi sensus sudah terbilang gencar di Kabupaten Jayapura. Pemberitahuan itu tersebar luas melalui spanduk, baleho, stiker, dan media massa. Sosialisasi juga dilakukan melalui koordinasi dengan pemerintah distrik dan kampung setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar