Breaking

Selasa, 06 Oktober 2020

Otsus Memajukan Dunia Usaha



tonomi khusus di Papua akan dilanjutkan tahun 2021. Masyarakat di bumi cendrawasih mendukung progam ini karena banyak kemajuan berkat kucuran dana otsus. Anggaran otsus tak hanya digunakan untuk membangun infrastruktur, tapi juga pendidikan khususnya di bidang kewirausahan. Agar makin banyak pengusaha di tanah Papua.

Suatu daerah bisa maju jika infrastrukturnya memadai dan keadaan ekonomi masyarakatnya berkecukupan. Kemajuan ini yang dikejar oleh Papua. Untuk itu, maka pemerintah membuat program otonomi khusus mulai tahun 2001 dan akan diperpanjang lagi tahun depan. Otsus sangat penting karena ada dana hingga 94 trilyun rupiah untuk membangun Papua.

Dana otsus tidak hanya digunakan untuk membangun jembatan dan jalan raya, namun ada alokasi 25% untuk pendidikan. Anggaran itu tak hanya digunakan untuk membantu sekolah, namun digunakan juga untuk pelatihan kewirausahaan.

Menurut Direktur Public Policy Institute Sujono HS, anggaran otsus di bidang pendidikan bisa jadi peluang untuk mendapatkan keterampilan sesuai bakat yang dimiliki. Jadi uang itu tak hanya digunakan untuk pendidikan formal, namun dipakai untuk biaya pelatihan bisnis.

Selain itu, anggaran otsus juga bisa digunakan untuk membuat pelatihan untuk memproduksi barang dan membuatnya jadi layak jual.

Jadi alangkah baiknya Pemda Provinsi Papua dan Papua Barat untuk fokus juga pada pendidikan vokasi dan kewirausahaan, dengan menggunakan dana otonomi khusus. Karena otsus tak hanya bertujuan untuk memajukan Papua di bidang fisik, namun juga sumber daya manusia. Pemuda Papua bertambah cerdas dan cerdik dalam berwirausaha berkat pelatihan bisnis.

Oleh karena itu, otonomi khusus wajib dilanjutkan di Papua. Karena uang yang diberikan pemerintah pusat sangat berguna untuk kemajuan di sana. Pemuda Papua bisa kuliah tinggi dan diarahkan jadi pengusaha. Mereka bisa ikut membangun daerahnya dan juga mengurangi angka pengangguran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar