Breaking

Minggu, 22 Desember 2019

TNI: Tak Ada Pengamanan Khusus di Papua Saat Natal

Tak Ada Pengamanan Khusus di Papua Saat Natal

Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayor Jenderal Sisriadi menyatakan pihaknya tak menyiapkan pengamanan khusus saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 di Papua. Hal ini menyusul dua prajurit TNI AD yang gugur di Kabupaten Intan Jaya, Papua, akibat diserang oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) pada Selasa (17/12) lalu.

"Enggak ada. Enggak ada (pengamanan khusus)," kata Sisriadi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (20/12).

Sisriadi mengatakan TNI hanya menyiagakan pasukan pendukung yang sudah ada di tiap Komando Utama TNI yang ada di seluruh Papua, pihaknya juga menyiapkan alat utama sistem pertahanan Alutsista yang ada di Papua untuk menyokong pengamanan masyarakat di wilayah tersebut.

Dan untuk kegiatan pengamanan Natal dan Tahun Baru, TNI menyiagakan pasukan, prajurit dan alutsista pendukung. Terutama untuk pergerakan bila diperlukan. Pada prinsipnya pengamanan yang dilakukan pasukan TNI adalah membantu tugas utama Polri untuk melakukan pengamanan di sana. Ia menyatakan pihak kepolisian yang menjadi pemimpin sektor dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 di Papua.

"Jadi komando pengendaliannya di Polri yang tersebar di seluruh wilayah. Dan pengerahannya didistribusikan ke wilayah-wilayah, di Kotama-kotama TNI langsung membantu di polda-polda dan kepolisian-kepolisian di daerah sampai Polres," kata Sisriadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar