Breaking

Rabu, 01 Juli 2020

Bukti Dana Otsus Tingkatkan SDM Putra-Putri Papua

Bukti Dana Otsus Tingkatkan SDM Putra-Putri Papua 

Tujuh putra-putri terbaik Papua lulus dari Universitas Corban, Oregon, Amerika. Salah seorang di antaranya bahkan lulus dengan predikat magna cum laude.

Gubernur Papua Lukas Enembe bersama istri datang langsung untuk menyaksikan saat membanggakan itu, yang dilanjutkannya dengan upacara tradisional bakar batu sebagai ungkapan rasa syukur.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, tidak dapat menyembunyikan rasa bangganya ketika diwawancarai VOA melalui telpon, dua hari setelah menghadiri upacara wisuda di Universitas Corban, Oregon, Amerika.

Tujuh putra-putri terbaik Papua lulus dari universitas terkemuka itu, termasuk satu orang yang lulus dengan predikat magna cum laude. Sherina Fernanda Msen, mahasiswa jurusan akuntansi, kepemimpinan dan manajemen itu bahkan dianugerahi “Top Accounting Student” oleh Oregon Society of Certified Public Accountants OSCPA.

Gubernur Papua Lukas Enembe beri ucapan selamat dan penghargaan kepada Sherina Fernanda, yang lulus dengan magna cum laude dari Universitas Corban, Oregon, dan kini ditawari tiga kampus bergengsi lain untuk melanjutkan pendidikan.

Tujuh putra-putri Papua ini adalah bagian dari sekitar 30-an remaja Papua yang dikirim untuk belajar ke negara bagian Oregon dengan menggunakan dana otonomi khusus.

Ditambahkannya bahwa sejak program mengirim putra-putri Papua ke luar negeri ini dimulai tahun 2014, sudah sekitar 500 orang belajar di berbagai negara, sebagian besar di Amerika.

Rasa syukur Gubernur Papua Lukas Enembe, seluruh mahasiswa dan mereka yang baru lulus wisuda itu dituangkan dalam upacara tradisional bakar batu.

“Kami buat bakar batu yang cukup bagus di dekat asrama mahasiswa di pinggiran kampus Oregon itu. Kami undang seluruh mahasiswa dan warga di sekitarnya. Dalam upacara tradisional seperti itu dosen-dosen mereka dan juga saya sendiri memberi pesan dan nasehat untuk kehidupan mereka kelak. Kita sambut mereka, bangga dan beri penghargaan buat mereka. Benar-benar suasana kekeluargaan yang mengharukan,” kata Lukas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar