Breaking

Selasa, 15 September 2020

Target Sensus Penduduk di Provinsi Papua 10 Persen




Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua optimis target sensus penduduk akan tercapai 5-10 persen. Meski melihat situasi dan kondisi di Papua ini masih kesulitan dengan jaringan internet.

Di Papua tak semua tempat memiliki jaringan internet, lalu medan yang cukup sulit, akan tetapi kami optimis target 5-10 persen yang diberikan oleh pusat bisa tercapai,” kata Kepala BPS Papua, Simon Sapari di Kota Jayapura

Simon juga mengatakan, dari 4 juta sekian penduduk Papua yang ada, pihaknya optimis, bisa tercapai target itu. “Dari pusat targetkan itu, dari total jumlah penduduk 4 juta sekian. Sebab situasi yang tadi itu, tak hanya di pedalaman, tapi di kota saja masih susah untuk akses jaringannya,” jelasnya.

Menurut Simon, sensus penduduk itu wajib, sehingga dia tak jalan sendiri tapi bekerjasama dengan Departemen Dalam Negeri, Dinas Kependudukan, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Untuk daerah yang belum memiliki jaringan internet, kata Simon, akan dilakukan sensus penduduk lewat wawancara, akan tetapi itu dilakukan setelah batas waktu pendaftaran online selesai.

Menurut Simon, diharapkan sensus ini bisa menjadi kesadaran dari masyarakat, karena sensus ini sangat penting. Petugas sensus ini hanya membantu mengarahkan jika terjadi kesulitan saat pendaftaran online ini.

Diimbau kepada semua masyarakat yang ada di Papua, agar mengetahui dengan jelas di suatu daerah berapa jumlah penduduknya dan bagaimana perencanaan pemerintah kedepannya. “Dengan begitu, kami bisa fokus eksekusi program di daerah itu,” tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar