Breaking

Jumat, 31 Januari 2020

PON XX Papua Banyak Sekali Manfaatnya Bagi Papua

PON XX Papua Banyak Sekali Manfaatnya Bagi Papua

Siapa bilang Pekan Olahraga Nasional (PON) itu tidak ada manfaat sama sekali bagi orang asli Papua? Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 akan menjadi momentum dan kesempatan yang sangat baik untuk Papua memperoleh banyak keuntungan dari event olahraga terbesar di tanah air itu.

Mengingat, pembangunan di Papua masih tertinggal karena masih ada yang memandang masyarakatnya dinomorduakan. PON XX merupakan momentum yang tepat bagi bangsa Indonesia dalam mempercepat pemerataan pembangunan di Papua.

Karena semua sarana dan prasarana akan ikut dibangun untuk mendukung pengembangan wilayah Papua seperti perumahan, jalan dan jembatan, jaringan air bersih, daya listrik dan telekomunikasi maupun ruang terbuka hijau yang tertata. Ekonomi kreatif dan pariwisata akan tumbuh pesat, serta semakin bergeliatnya pergerakan barang dan jasa di Papua.

Proses menuju PON XX ini semakin memperkuat solidaritas sosial antaranak bangsa dari berbagai provinsi, maupun solidaritas sosial di internal penduduk Papua. Julukan Papua sebagai Indonesia Mini menjadi modal sosial, sekaligus modal kultural penduduk yang beragam dalam memperkuat Kasih Menembus Perbedaan.

PON XX 2020 juga dijadikan momentum dalam strategi akselerasi pembangunan pariwisata Papua. Saat ini, Pemprov Papua dan Kabupaten-Kabupaten terus merevitalisasi produk-produk wisata dan destinasi wisata yang berbasis lingkungan dan sosial budaya.

Bagi rakyat Papua, PON dimaknai secara khusus, yakni hutuf P sebagai Pariwisata, Huruf O dimaknai Olah Raga menuju sukses Papua sebagai tuan rumah PON, dan huruf N adalah NKRI yang dimaknai sebagai aktualisasi potensi kepemudaan dalam memperkuat semangat nasionalisme Indonesia. Jangan mudah terprovokasi oleh berita bohong tentang PON XX Papua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar