Breaking

Selasa, 24 Maret 2020

Warga dari Luar Papua diminta tunda kunjungan ke Papua

Pembatasan kunjungan ke Papua

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Sumule Sp OG meminta warga dari luar Papua untuk menunda kunjungannya ke Papua, demi menurunkan risiko penularan virus korona di Papua.

Sumule menyatakan infrastruktur kesehatan Papua tidak mendukung penanganan kasus infeksi virus menular seperti korona, apalagi jika jumlah kasus infeksi itu melonjak.

“Kita [Papua] dalam kondisi yang tidak menguntungkan, karena terbatasnya infrastruktur kesehatan. Jika anda datang ke Papua, pastikan anda sehat. [Jangan] datang ke Papua jika dalam keadaan yang tidak sehat,” kata Sumule di Jayapura, Senin (23/3/2020).

Sumule menyatakan dirinya tidak dapat membayangkan jika di Papua terjadi lonjakan jumlah kasus infeksi virus korona, karena infrastruktur kesehatan di Papua sangat terbatas. Sumule mencontohkan, di seluruh Papua hanya terdapat 62 buah ventilator.

“Kami harus menyampaikan itu kondisi kami hari ini. Sampai hari ini kita mendapat kesulitan untuk mendapatkan Alat Pelindung Diri [bagi tenaga medis yang merawat pasien Covid-19]. Kami sedang berusaha untuk mencari alat seluruh Indonesia,” katanya.

Sumule menjelaskan pihaknya membutuhkan APD dalam jumlah banyak, karena alat itu harus dipakai setiap tenaga medis yang merawat pasien di dalam ruangan isolasi. APD adalah peralatan pelindung sekali pakai, demi memastikan pasien yang sehat tidak tertular virus korona melalui APD tenaga medis.

Sumule meminta masyarakat akar rumput tahu bahwa virus korona berbahaya. Demi mencegah penularan virus korona, semua pihak harus bergerak dan menghindari perilaku berisiko tinggi.

“Bapak Ibu yang masih berkeliaran masih jalan, yang tidak tahu, mohon maaf. Kami minta setop dengan kumpul-kumpul. Kalau ada rencana kegiatan, misalnya pesta pernikahan atau lainnya, untuk sementara ditunda,” ujar Sumule.

Ia meminta masyarakat Papua menyadari bahwa sampai hari ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan Covid-19. “Yang ada saat ini adalah hanya obat-obat menanggulangi saja,” kata Sumule.

Sejak Covid-19 ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia WHO sebagai pandemi global, ratusan mahasiswa Papua telah kembali ke Papua dengan menumpang kapal laut maupun pesawat terbang.

Keputusan pemerintah untuk meliburkan aktivitas belajar mengajar di sejumlah episentrum pandemi Covid-19 di Jawa direspon para mahasiswa dengan pulang ke kampung halaman mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar