Breaking

Selasa, 25 Agustus 2020

Otsus Mampu Ciptakan Kesejahteraan Papua



Pembangunan pada masa otsus bukan hanya sebatas fisik gedungnya. Billy Mambrasar, staf khusus Presiden Joko Widodo, menyebutkan bahwa otsus adalah pembangunan jiwa raga. Jadi kemajuan di bidang edukasi juga penting karena merupakan investasi pembangunan manusia. Otonomi khusus adalah proses menuju kemajuan di Papua agar terjadi pemerataan.

Tak heran banyak warga Papua yang menyetujui otonomi khusus. Mahasiswa Papua yang merantau ke Jawa ikut mendukung otsus, karena membuat daerah asal mereka makin maju. Bahkan Papua ditunjuk jadi wilayah yang menyelenggarakan PON tahun depan. Pemilihan ini karena bumi cendrawasih dianggap punya infrastruktur yang baik, yang merupakan hasil otsus.

Pemberian dana otsus yang nominalnya sangat besar juga wajib disalurkan untuk kesejahteraan masyarakat Papua. Dalam pembangunan di sana menggunakan anggaran otsus, maka bisa saja ada kesalahan dan hal ini bisa dievaluasi. Masyarakat juga boleh memberi masukan agar program-program dalam pembangunan saat otsus berjalan dengan baik.

Sayangnya ada golongan masyarakat yang kurang paham dan menganggap tahun 2021 nanti otsus akan berakhir. Pemerintah daerah gencar memberi sosialisasi tentang otsus jilid 2. Mereka jadi mengerti dan mendukung otonomi khusus, karena akan membuat daerah Papua maju.

Otsus di Papua akan dilanjutkan karena program ini terbukti membuat wilayah tersebut maju, baik di dalam infrastruktur, pendidikan, maupun pemberdayaan ekonomi. Masyarakat di bumi cendrawasih jadi bisa menikmati jalan yang mulus dan menghemat waktu perjalanan. Anak-anak juga dijamin mendapat pendidikan yang layak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar