Breaking

Senin, 27 April 2020

Pemkab Mimika lanjutkan pemeriksaan massal COVID-19

Pemkab Mimika lanjutkan pemeriksaan massal COVID-19

Sejumlah petugas yang tergabung dalam Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mimika mengikuti pemeriksaan massal menggunakan ‘rapid test’ bertempat di Kantor Dinas Perhubungan Mimika, Sabtu (25/4/2020).

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mimika, Papua mengatakan, pemeriksaan warga berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP), dan orang tanpa gejala (OTG) akan terkonsentrasi pada empat puskesmas di Kota Timika yaitu Puskesmas Wania, Puskesmas Pasar Sentral, Puskesmas Timika, dan Puskesmas Timika Jaya.

Pemeriksaan akan dilakukan oleh tim dari Dinkes Mimika bekerjasama dengan petugas Puskesmas setempat pada Sabtu (25/4/2020) siang, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Mimika melakukan pemeriksaan massal sekitar 300 orang yang dianggap berisiko tinggi terpapar COVID-19.

Para petugas yang dinilai berisiko tinggi itu yakni pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pegawai Dinas Perhubungan Bidang Darat, anggota Satuan Polisi Pamong Praja, dan anggota Polsek Mimika Baru.

Pemeriksaan massal menggunakan rapid test juga dilakukan pada sejumlah penduduk Kampung Asmat di Jalan Tipuka dan kawasan inkubator Hiripau, Distrik Mimika Timur oleh Tim Penyelidikan Epidemologi Dinkes Mimika bekerjasama dengan Tim Puskesmas Mapurujaya.

Reynold mengatakan jajarannya masih terus mengembangkan pemeriksaan massal menggunakan rapid test pada puluhan guru dan siswa di salah satu sekolah dasar di wilayah Sempan, Timika.

Petugas penyelidikan epidemologi pada Dinkes Mimika, Kamaluddin, beberapa waktu lalu menyebut sebanyak 31 guru dan 39 siswa di sekolah itu pernah melakukan kontak dengan salah satu pasien positif COVID-19 yaitu pasien 014 yang juga bekerja sebagai guru di sekolah tersebut.

Pasien 014 yang hingga kini masih menjalani perawatan di isolasi di RS Tembagapura diketahui masih sempat pergi mengajar dan menemui rekan guru dan anak didiknya meski kondisinya sudah mulai sakit pada akhir Maret lalu.

Hingga Minggu ini, Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Mimika masih menunggu pemeriksaan laboratorium dari sebanyak 65 sampel swab yang telah dikirim ke Jayapura. Jumlah kasus positif COVID-19 di Mimika sebanyak 41 kasus, lima pasien sudah dinyatakan sembuh, sementara tiga lainnya meninggal dunia.

Sebanyak 33 pasien positif COVID-19 di Mimika masih menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit, 13 pasien dirawat di RSUD Mimika, 11 orang dirawat di shelter Wisma Atlet dan sembilan orang dirawat di RS Tembagapura.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar