Breaking

Jumat, 01 Mei 2020

Anggaran Rp77 Miliar Dikucurkan Pemprov Papua Tangani Covid-19

Anggaran Rp77 Miliar Dikucurkan Pemprov Papua Tangani Covid-19

Anggaran dari APBD Pemprov Papua 2020 sebesar Rp77 miliar resmi dikucurkan Pemerintah Provinsi Papua untuk menanggulangi wabah virus corona atau Covid-19. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, di Main Hall Kantor Gubernur Dok II Jayapura, kepada masing-masing perwakilan penerima.

Anggaran dari APBD Pemprov Papua 2020 tersebut diberikan kepada 29 pemerintah kabupaten/kota masing-masing senilai Rp2 miliar. Kemudian 5 rumah sakit rujukan (Nabire, Timika, Wamena, Merauke, Biak) masing-masing Rp5 miliar.

Selanjutnya, rumah sakit mitra masing-masing Rp500 juta serta 17 asrama mahasiswa yang ada di luar Papua, masing-masing sebesar Rp50 juta. Selain dukungan anggaran, Pemprov Papua juga menyerahkan bantuan bahan makanan bagi 17 ribu warga terdampak Covid-19. Dimana seluruh bantuan itu diserahkan lewat dinas sosial serta dinas perindustrian dan perdagangan.

“Angaran Rp77 miliar ini semuanya untuk kemanusiaan, yaitu menangani corona. Termasuk bahan makanan yang diberikan untuk membantu mendukung warga yang terdampak corona,” terang Wakil Klemen, disela-sela kegiatan penyerahan tersebut.

Menurutnya, pemerintah provinsi tak pernah tutup mata dengan wabah Covid-19 yang terjadi saat ini. Sebab selain bantuan bahan makanan, Pemprov Papua juga membantu dari sisi finansial (uang tunai)

"Untuk sementara kami bantu masing-masing bupati dan wali kota masing-masing Rp2 miliar, tetapi khusus untuk Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura ditambah Rp2 miliar, dengan demikian masing-masing Rp4 miliar mengingat kasus di dua daerah ini meningkat drastis,” ujarnya.

Diketahui, kasus corona di Papua kini terus mengalami peningkatan signifikan. Sampai dengan 30 April 2020 petang, jumlah positif Covid-19 mencapai 206 kasus. Meski demikian Wagub Klemen berharap seluruh ODP dan PDP agar segera menjalani tes PCR, supaya dari hasil itu bisa segera dilakukan penanganan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar