Breaking

Sabtu, 26 September 2020

PLN klaim daya listrik mumpuni dukung PON Papua




PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat memastikan jika pasokan daya listrik menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 mendatang sudah cukup mumpuni. Mereka mengklaim mampu mendukung kesuksesan event olahraga empat tahunan itu di Bumi Cenderawasih.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Abdul Farid, mengatakan sejak 2018 silam, pihaknya sudah bersiap untuk mendukung PON XX dengan ketersediaan pasokan listrik.

Guna mewujudkan hal tersebut, Farid mengaku pihaknya tengah melakukan tiga skenario penting. Yang pertama mencukupi daya listrik, kemudian penghandalan jaringan, dan menambah back up.

“Ada beberapa hal yang dilakukan, yang pertama itu menyangkut kecukupan daya pembangkit dan saat ini sudah cukup. Setelah itu baru dilakukan penghandalan dengan memperbaiki jaringan-jaringan, dan saat ini di Kota Jayapura sedang dilakukan penataan kabel-kabel sehingga bisa dikatakan kehandalannya pasti meningkat. Dan kita juga melakukan back up dalam bentuk UPS besar dan juga ada dalam bentuk mobile genset, sehingga dengan skenario itu tentunya pasokan akan handal,” ujar Farid kepada wartawan di Jayapura, Kamis (24/9/20).

Selain tiga skenario tersebut, kata Farid, pihaknya juga akan menerapkan sistem otomatis berupa teknologi sehingga peralihan operasi nantinya didesain otomatis seperti yang dilakukan di Stadion Papua Bangkit.

Sekretaris Umum PB PON Papua, Elia Loupatty, mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh PLN untuk ikut andil mensukseskan perhelatan PON XX di Papua. Elia mengaku bangga dengan persiapan yang telah digeber oleh pihak PLN sejauh ini.

“Sesuai presentase yang disampaikan oleh GM PLN sudah sangat membahagiakan kami PB PON dan juga masyarakat Papua, karena pasokan daya listrik sudah mencukupi dan tinggal ditingkatkan saja kehandalannya. Kami menyampaikan terima kasih dan kami percaya dengan presentase yang dipaparkan oleh PLN, kami tidak ragu, dan kami berharap semua bisa berjalan terkendali dan PON bisa berjalan dengan lancar,” ujar Elia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar